Menilik Peran Vital Cloud untuk Industri Media hingga Pemerintahan

ADVERTISEMENT

Menilik Peran Vital Cloud untuk Industri Media hingga Pemerintahan

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Selasa, 27 Sep 2022 09:46 WIB
Ilustrasi cloud.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Seiring dengan meluasnya pengembangan ekosistem digital, layanan cloud computing diandalkan di berbagai bidang industri. Cloud memungkinkan para pelaku industri untuk mengakselerasi transformasi digital dengan biaya seefisien mungkin.

Dengan adanya penyedia layanan cloud, perusahaan-perusahaan dapat mengandalkan sumber daya eksternal untuk sistem TI mereka, yakni melalui sebuah jaringan cloud yang besar. Dengan menyewa cloud, klien cukup membayar biaya pemasangan dan selanjutnya biaya berlangganan bulanan. Model ini membantu perusahaan-perusahaan menghindari pengeluaran besar di muka, yaitu untuk pembelian infrastruktur TI dan penggajian personil, tetapi membagi biaya tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama.

Penyedia layanan cloud memiliki serangkaian produk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pelaku industri. Secara garis besar, layanan cloud dikelompokkan dalam tiga kategori, yakni Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS).

Ketiga jenis layanan itu kemudian memiliki berbagai produk turunan yang diperuntukkan buat beragam kebutuhan. Misalnya, untuk membangun e-commerce, membuat sistem supply chain, penyimpanan konten, dan sebagainya.

Layanan Cloud untuk Media Digital

Untuk mendistribusikan konten, baik itu teks, foto, dan video, dibutuhkan layanan Content Delivery Network (CDN). Content Delivery Network (CDN) adalah teknologi yang mampu memastikan keberadaan content static (seperti gambar, CSS, JavaScript, video, dll) bisa diakses lebih cepat, dengan cara menyalurkannya dari lokasi yang paling dekat dengan pengunjung, sehingga bisa meningkatkan waktu respons server.

Content Delivery Networks sangat berguna bagi website yang berskala besar, dan memiliki banyak konten, seperti raksasa media detiknetwork yang berada di bawah naungan CT Corp.

Selain menyajikan artikel teks, foto, dan video, detiknetwork juga membutuhkan CDN yang andal untuk melakukan live streaming acara besar, seperti MotoGP. Mereka membutuhkan infrastruktur CDN yang reliable untuk menayangkan live streaming dengan lancar kepada pemirsa.

Agar dapat menyajikan konten berkualitas, detiknetwork mempercayakan CDN dari Huawei Cloud. Raksasa teknologi global itu membangun layanan Content Delivery Network yang dapat membantu bisnis layanan streaming menampilkan segala konten teroptimalisasi dengan baik, sehingga end user atau pelanggan dapat dengan mudah memuat konten layanan.

CDN Huawei Cloud mampu mempercepat respons situs dan pemuatan konten langsung dan meningkatkan ketersediaan situs, menjamin pengalaman pengguna yang lancar meskipun bandwidth rendah dan lalu lintas akses yang padat. Dukungan teknis lokal profesional yang disediakan oleh Huawei Cloud memastikan pemecahan masalah yang cepat.

Selain CDN, detiknetwork menggunakan layanan Huawei Cloud Stack Online yang menawarkan serangkaian solusi isolasi sumber daya untuk komputasi, penyimpanan, jaringan, dan layanan cloud. Layanan ini mampu meningkatkan skalabilitas dan keamanan untuk detikNetwork dan menawarkan pengalaman yang mulus baik di cloud maupun lokal.

Untuk meningkatkan keamanan platform, detikNetwork memilih Huawei Cloud Web Application Firewall (WAF), yang bertindak sebagai perisai untuk aplikasi web dan situs web dari berbagai ancaman. WAF dengan cerdas menyaring lalu lintas berbahaya untuk melindungi data, memastikan pemuatan cepat, dan mempertahankan waktu aktif situs web detikNetwork. Anti-DDoS memberikan perlindungan keamanan 24/7 dan dukungan komprehensif untuk perlindungan serangan DDoS untuk melindungi bisnis detikNetwork.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT