Apa Itu PayPal dan Cara Menggunakannya

ADVERTISEMENT

Apa Itu PayPal dan Cara Menggunakannya

Tim Detik - detikInet
Jumat, 16 Sep 2022 07:15 WIB
PayPal
Apa itu PayPal dan cara menggunakannya. Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta -

Nama PayPal begitu hangat dibicarakan pada akhir Juli lalu gegara diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Penyebabnya karena penyedia layanan keuangan digital ini tak jua mendaftarkan diri sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Setelah diblokir banyak dari netizen berteriak, sebab mereka tidak bisa mencairkan uang hasil freelance. Meski sempat tak digubris, PayPal akhirnya mendaftar PSE, dan blokirnya pun dibuka oleh Kominfo.

PayPal memang banyak digunakan untuk transfer dana antar negara. Keamanan dan kemudahan yang ditawarkan menjadikan layanan ini sebagai pilihan utama perusahaan di seluruh dunia membayarkan gaji pekerja lepas.

Apa itu PayPal?

PayPal Inc merupakan layanan transaksi keuangan secara elektronik. Didirikan pada 1998, awalnya bernama Confinity. Setahun kemudian perusahaan ini merger dengan X.com milik Elon Musk, hasil penggabungan ini diberi nama PayPal.

Pada 2002, PayPal kemudian dibeli oleh eBay senilai USD 1,5 miliar. Hanya saja para pendiri dan karyawan PayPal kesulitan menyesuaikan diri dengan budaya kerja di eBay sehingga banyak yang hengkang.

Pun begitu PayPal terus berkembang hingga saat ini dan menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan transaksi keuangan digital. Banyak kelebihan yang ditawarkan, yakni:

  • PayPal mudah digunakan, bisa dibilang ini cara yang sangat mudah untuk mengirim uang ke teman dan keluarga di dalam maupun luar negeri.
  • Membayar dengan PayPal memberi pengguna tingkat keamanan ekstra dan pencegahan penipuan. Jika kamu membayar pembelian menggunakan PayPal yang akhirnya menjadi penipuan, PayPal dapat membantu mendapatkan uang kamu kembali.
  • PayPal mengenkripsi informasi bank atau kartu kredit sehingga menjaga informasi itu tetap aman.

  • Tidak ada biaya untuk mengirim uang ke teman dan keluarga.

Namun perlu dicatat, meskipun gratis menggunakan PayPal untuk mengirim uang ke teman dan keluarga, jika kamu mengirim uang melalui PayPal sebagai bagian dari transaksi bisnis, kamu akan dikenakan biaya.

PayPal juga mengenakan biaya 1% jika kamu ingin akses instan ke uang. Transfer bank gratis membutuhkan waktu beberapa hari.

PayPal memiliki reputasi sangat agresif dengan pembekuan akun. Jika mereka memutuskan untuk membekukan akun kamu, mereka menahan uang sampai kamu dapat membuktikan bahwa kamu tidak melakukan kesalahan yang melanggar guideline.

Berikutnya Cara Membuat Akun dan Menggunakan PayPal



Simak Video "Cabut Blokir PayPal Sementara, Kominfo Minta Masyarakat Pindahkan Dana"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT