Peluang Pendaftaran Domain Internasional di Indonesia Masih Besar

ADVERTISEMENT

Peluang Pendaftaran Domain Internasional di Indonesia Masih Besar

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 04 Agu 2022 17:01 WIB
Ilustrasi wanita menggunakan laptop dan ponsel
Foto: Getty Images/iStockphoto/Geber86
Jakarta -

Pendaftaran nama domain internasional di Indonesia saat ini didominasi oleh registrar asing. Padahal, pasarnya masih terbilang besar dengan pertumbuhan yang cukup signifikan.

Hal ini diutarakan oleh Rendy Maulana Akbar, Direktur Utama Qwords Group, induk usaha Aksara Data Digital, dalam keterangan yang diterima detikINET. "Peluang untuk pendaftaran nama domain Internasional di Indonesia masih memiliki market yang cukup besar dan terus tumbuh sekitar 25% setiap tahunnya," jelasnya.

Rendy menambahkan, pendafataran nama domain internasional di Indonesia saat ini didominasi oleh registrar asing. Padahal di Indonesia sendiri saat ini ada lima registrar lokal.

Hal itulah yang membuat Qwords kemudian mengusahakan Akasara Data Digital untuk mendapat akreditasi dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), adalah lembaga non profit Amerika Serikat yang menerbitkan dan mengatur tatanan nama domain di internet. Tujuannya adalah pengoperasian jaringan yang lebih stabil dan aman.

Aksara Data Digital melakukan proses audit menyeluruh mulai dari sistem operasional, termasuk juga dengan Business Continuity Plan yang telah teruji baik itu secara desain dan implementasi, dan saat terjadi bencana tidak terduga. Proses Akreditasi ini dimulai dari penyesuaian sistem operasi Internal, software dan audit keamanan.

Qwords menjanjikan, dengan terdaftarnya Aksara Data Digital sebagai registrar terakreditasi ICANN, pelayanan pendaftaran nama domain internasional di Indonesia bisa semakin mudah.

Aksara Data Digital menyediakan platform pendaftaran nama domain yang memungkinkan pengguna menyelenggarakan sistem multi level Reseller dan whitelabel. Semua pendaftaran nama domain dapat dilakukan instant oleh pengguna kapan saja secara otomatis dengan sistem deposit.

Pengguna dapat melakukan pembayaran deposit dengan menggunakan metoda bayar yang cukup banyak mulai dari QRIS, Virtual Account, Transfer antar bank, Kartu kredit.

"Dengan diberikan lisensi terakreditasi ICANN kepada PT Aksara Data Digital, harapannya dapat membuat pengguna di Indonesia semakin mudah mendaftarkan nama domain Internasional dan Indonesia, karena PT Aksara Data Digital juga merupakan Registrar terakreditasi PANDI," tambah Redny.

Pengamat tata kelola internet, Sigit Widodo, menyambut baik keberhasilan Qwords sebagai perusahaan Indonesia kelima yang berhasil meraih akreditasi dari ICANN. Menurut Sigit keberhasilan Qwords menjadi registrar terakreditasi ICANN menunjukkan perusahaan ini memiliki kualitas dan profesionalitas bertaraf internasional.

"Ini menunjukkan semakin banyak perusahaan Indonesia yang memiliki standar internasional dalam pendaftaran dan pengelolaan nama domain internet. Ini tentunya dirasakan dan sangat berguna bagi para pelanggan Qwords," tuturnya.

Langkah-langkah seperti akreditasi ini juga membuat Indonesia mampu ikut bersuara di dunia internasional. Sigit mengatakan, sebagai registrar terakreditasi ICANN, Qwords sekarang memiliki hak untuk masuk ke dalam Registrars Stakeholder Group dalam Generic Name Supporting Organization (GNSO) ICANN.

"Bersama registrar-registrar terakreditasi lainnya dari Indonesia, Qwords dapat bersuara dan menyampaikan pandangan-pandangan Indonesia terkait tata kelola internet, khususnya terkait nama domain internet," ungkap Sigit.



Simak Video "Domain Internet dengan Aksara Jawa 'Hanacaraka' Bakal Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT