Ahli Chip Kawakan Apple Dibajak Samsung

ADVERTISEMENT

Ahli Chip Kawakan Apple Dibajak Samsung

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 26 Jul 2022 18:30 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Ahli Chip Apple 'Dibajak' Samsung Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Seorang ahli semikonduktor Apple, Kim Woo Pyeong, meninggalkan produsen iPhone itu untuk bergabung dengan rival utamanya yakni Samsung. 'Pembajakan' ini merupakan sesuatu yang langka mengingat hubungan antara kedua perusahaan yang kompleks.

Menurut laporan Business Korea, Woo Pyeong mulai bekerja di Apple sejak tahun 2014. Sebelumnya ia bekerja di Texas Instruments dan Qualcomm, seperti dikutip dari MacRumors, Selasa (26/7/2022).

Laporan Business Korea tidak menyebut apa posisi dan tanggung jawab yang dipegang Woo Pyeong semasa bekerja di Apple, tapi mereka hanya menyebutnya sebagai ahli semikonduktor.

Ini bukan pertama kalinya karyawan veteran Apple membelot ke Samsung. Pada tahun 2012, Luc Julia yang memimpin pengembangan Siri meninggalkan Apple dan pindah ke Samsung.

Di Samsung, Woo Pyeong akan menjabat sebagai direktur untuk divisi Packaging Solution Center di Device Solution America (DSA). Business Korea mengatakan Samsung saat ini fokus mengembangkan teknologi untuk pengemasan chip, dan Woo Pyeong akan memimpin pengembangan ini.

Dalam beberapa tahun belakangan, Samsung sudah meningkatkan perannya di sektor semikonduktor untuk bersaing dengan pemain lain seperti TSMC, Apple, dan lain-lain. Samsung bahkan baru saja mengapalkan chip pertama yang dibuat menggunakan pemrosesan 3nm, mengalahkan TSMC.

Business Korea menyebut pindahnya Woo Pyeong dari Apple ke Samsung sebagai sesuatu yang langka dan unik mengingat hubungan antara kedua perusahaan yang kompetitif tapi juga kooperatif.

Di pasar ponsel, kompetisi antara Apple dan Samsung juga tetap sengit. Keduanya terus beradu merebut posisi puncak di pasar ponsel global, begitu juga untuk perangkat lainnya seperti smartwatch dan TWS.

Meski terus bersaing, Apple dan Samsung juga sering bekerjasama, terutama untuk panel OLED. Kabarnya Apple sudah memesan 80 juta panel OLED dari Samsung Display untuk lini iPhone 14 yang akan datang.



Simak Video "Samsung dan Apple Rajai Penjualan Smartphone Q2 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT