GPS Tracker Bakal Bikin Industri Otomotif RI Meroket

ADVERTISEMENT

GPS Tracker Bakal Bikin Industri Otomotif RI Meroket

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 02 Jul 2022 18:30 WIB
Fox Logger
Foto: detikINET/Fox Logger
Jakarta -

Internet of Things (IoT) akan semakin meningkat penggunaannya seiring dengan pertumbuhan salah satu sektor di industri otomotif di Indonesia. Fox Logger, perusahaan penyedia tracking system (GPS) berbasis IoT menatap peluang tersebut.

Industri otomotif yang luluh lantak dihantam pandemi saat ini tengah berusaha keras bangkit. Fox Logger menilai lembaga pembiayaan menjadi kunci pertumbuhan sektor otomotif.

"Pertumbuhan industri otomotif Indonesia tidak akan terlepas dari dukungan lembaga pembiayaan," katanya. Secara umum, pembiayaan otomotif memang berkontribusi sekitar 70% dari total pembiayaan industri multifinance," ujar CEO Fox Logger Alamsyah Cheung.

Sejak tahun 2000, bisnis pembiayaan tumbuh pesat dengan tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan (CAGR) mencapai 25%-30%, khususnya di pembiayaan motor.

Untuk 2022, Gaikindo menargetkan mobil yang terjual mencapai 900 ribu unit. Sementara itu AISI mematoktarget5,4 juta motor baru terjual tahun ini. Tantangan ini memang tak mudah. Namun, tanda-tanda positif terus berdenyut sepanjang Januari-Mei 2022.

Di pasar sepeda motor, penjualan sepanjang Januari-Mei 2022 mencapai 1.950.293 unit. Adapun di pasar mobil, secara wholesales, kurun Januari-Mei 2022 penjualan sudah mencapai 544.027 unit.

Perkembangan ini terus memancing perhatian industri terkait, bukan hanya pelaku otomotif langsung. Salah satunya adalah GPS Tracker yang merupakan pendukung industri otomotif.

Alamsyah menuturkan pertumbuhan industri pembiayaan multifinance berbanding lurus dengan pergerakan ekonomi serta pertumbuhan industri otomotif. Ketika ekonomi pulih dan industri otomotif bergerak, industri multifinance pun dengan sendirinya turut bergerak.

Apalagi jika pemerintah memberikan insentif seperti relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), tentunya industri multifinance pun makin kencang berputar menopang kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki kendaraan bermotor.

"Fox Logger pada hakekatnya adalah pihak yang menjadi sebuah proses bisnis baru pada kegiatan operasional perusahaan multifinance yang sangat memiliki dampak signifikan pada kinerja divisi collection. Saat ini pun Fox Logger sudah bekerja sama dengan 10 perusahaan multifinance di Indonesia" tutup Alamsyah

Di luar kerja sama dengan para stakeholders industri otomotif Indonesia, Fox Logger sendiri sebagai pemain utama GPS Tracker berbasis IoT di Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas produk, inovasi, dan layanannya.

Kini, perusahaan yang terus berkembang ini tengah membangun Fox Logger Tower guna memperkuat Divisi Research & Innovation Center dan Divisi Layanan Konsumen. Di luar itu, Fox Logger juga semakin serius dalam menjajagi langkah dengan sejumlah mitra dalam upaya menjadi perusahaan go public.



Simak Video "Rangkaian Teknologi Penangkal HP Panas pada Oppo Reno 8 Series"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT