5 Tujuan & Manfaat Penggunaan Software Kasir, Dukung Bisnis Toko Ritel

5 Tujuan & Manfaat Penggunaan Software Kasir, Dukung Bisnis Toko Ritel

Sponsored - detikInet
Rabu, 22 Jun 2022 20:01 WIB
Penggunaan Software Kasir Dukung Bisnis Toko Ritel
Foto: Olsera Merchant/Kisera
Jakarta -

Hadirnya sistem digital bisa membantu mengembangkan bisnis di era modern menjadi lebih andal. Salah satunya, melalui sistem point of sale (POS) atau yang biasa disebut dengan istilah software kasir.

Baik di toko ritel, offline maupun online, penggunaan sistem ini memiliki tujuan dan manfaat yang sangat penting. Apa saja tujuan dan manfaat dari POS yang bisa dirasakan para pemilik bisnis? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mengetahui Data Pembelian dan Penjualan

Anda bisa lebih mudah menentukan potensi pasar dengan memiliki data pembelian dan penjualan yang valid serta lengkap. Apalagi data-data ini bisa mencakup frekuensi pembelian, jenis produk atau layanan yang dibeli, kelompok umur yang melakukan pembelian, hingga lokasi geografis pelanggan.

Berdasarkan deretan informasi tersebut, tentu para pelaku usaha akan lebih mudah menentukan langkah selanjutnya bagi bisnis yang dimiliki karena Anda bisa memanfaatkan POS untuk mengetahui pembelian dan penjualan dalam periode tertentu. Laporannya juga bisa didapat dengan mudah. Baik dalam periode satu bulan, tiga bulan, atau periode lainnya sesuai kebutuhan.

2. Mengetahui Jumlah Tertentu Secara Pasti

Software kasir ini tak hanya mampu menyajikan data pembelian dan penjualan secara general saja. Namun juga memungkinkan Anda untuk mengetahui jumlah tertentu secara pasti. Misalnya, jumlah uang yang dibayarkan konsumen atau jumlah pasti atas barang yang mereka beli.

Dengan mengecek software tersebut, Anda juga bisa mengetahui stok barang di toko yang mulai minim. Sehingga, Anda bisa segera melakukan pembelian bahan baku atau produk dari supplier berdasarkan data terakhir yang di-update. Berbagai manfaat ini bisa dinikmati lantaran software ini akan selalu melakukan pembaharuan data ketika ada pembeli yang berbelanja.

3. Laba Setiap Transaksi Bisa Diketahui

Seperti yang telah disebutkan, aplikasi Point of Sale akan terupdate secara otomatis setiap ada pembeli yang berbelanja. Hal ini tak hanya membantu Anda mengetahui jumlah pasti dari uang yang dibayarkan konsumen ataupun barang yang mereka beli. Akan tetapi juga membantu Anda mendapatkan informasi mengenai laba dari penjualan tersebut.

Data yang bisa diketahui dari software kasir ini juga tak terbatas pada laba selama satu bulan saja. Sebab, setiap data yang tercatat ini nantinya akan menjadi bukti keabsahan transaksi sehingga laporan keuangan yang dihasilkan sudah pasti lebih valid serta akurat. Anda pun bisa langsung mengetahui jika ada kesalahan dalam transaksi tertentu.

4. Mencetak Nota Penjualan

Salah satu manfaat utama menggunakan aplikasi kasir adalah kemudahannya untuk mencetak bukti penjualan atau nota. Apalagi nota penjualan ini merupakan bukti transaksi yang dapat membantu kedua belah pihak, baik pemilik bisnis maupun pembeli. Bagi pemilik bisnis, nota bisa menjadi bukti bahwa penjualan benar-benar sudah dilakukan. Selain itu, nota juga akan membantu menghitung pemasukan toko untuk pelaku bisnis.

Sementara itu, bagi pembeli nota bisa menjadi acuan untuk mengetahui berapa nominal yang telah dikeluarkan untuk barang yang mereka belanjakan. Itulah mengapa nota penjualan menjadi hal yang krusial dalam melakukan transaksi jual beli.

5. Memantau Ketersediaan Stok

Tujuan dan manfaat software kasir lainnya adalah memantau ketersediaan stok. Setiap kali transaksi dilakukan, POS akan secara otomatis melakukan pembaharuan data sehingga Anda bisa mengontrol ketersediaan stok di toko.

Melalui fitur ini, pemilik toko juga dapat mengetahui produk yang populer di kalangan konsumen. Sehingga nantinya dapat memastikan produk tetap tersedia untuk meningkatkan profit.

Owner Kisera Hijab, Ardina yang mengandalkan software kasir dari Aplikasi Kasir Pintar Olsera mengatakan aplikasi ini sangat cukup berperan aktif bagi usahanya.

"Penggunaan yang sangat mudah membuat Ardina sangat puas untuk menggunakan aplikasi kasir Olsera yang bisa digunakan baik online maupun offline," ujar Ardina dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (22/6/2022).

Ardina juga membenarkan Aplikasi Kasir Terbaik ini sangat membantu dalam pencatatan secara otomatis yang bisa dipantau dari mana saja. Sehingga, bisa dikatakan POS memang memiliki banyak sekali manfaat dalam membantu mengembangkan bisnis dan tak mengherankan jika penggunaannya terus menjamur.

Anda bisa mulai beralih menggunakan Olsera POS seperti Ardina untuk memperoleh berbagai manfaat tersebut. Segera daftarkan sekarang untuk dukung bisnis Anda semakin tangguh. Informasi lebih lanjut, bisa dicek di situs olsera.com.



Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Olsera)