Ssst, Ini Rahasia Dapur Transfer Antar Bank Tanpa Biaya

Ssst, Ini Rahasia Dapur Transfer Antar Bank Tanpa Biaya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 22 Apr 2022 07:15 WIB
Flip, startup yang memberikan solusi transfer antarbank tanpa biaya admin.
Ssst, Ini Rahasia Dapur Transfer Antar Bank Tanpa Biaya. Foto: Dok. Flip
Jakarta -

Pengguna layanan Flip akan terasa dimanjakan bin hemat, karena memungkinkan transfer antar bank tanpa biaya. Apa rahasianya?

Proses transfer yang dilakukan antara dua rekening beda bank, maka akan dikenakan biaya transfer Rp6.500. Sedangkan, biaya transfer antarbank yang sudah bergabung dalam BI FAST, infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan Bank Indonesia, dikenakan Rp2.500.

Namun masyarakat yang menggunakan startup Flip, maka pengguna dapat melakukan transfer dengan nominal berapa saja tanpa dikenai biaya transfer tersebut.

Terkait hal tersebut, Flip membeberkan rahasia dapur mereka kepada awak media di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

"Jadi, sebenarnya yang kita lakukan itu cukup sederhana. Misalnya, saya mau kirim dari BCA ke Mandiri. Kemudian saya kirim ke rekening BCA milik Flip, lalu dari Mandiri Flip dikirimkan ke orang yang akan menerimanya yang juga nasabah Mandiri," ujar Co-Founder & Chief Technology Officer (CTO) Flip, Luqman Sungkar.

"Dan yang terjadi adalah transfer sesama bank yang tidak dikenakan biaya. Hal sederhana ini akhirnya kita bisa melayani pengguna Flip," sambungnya.

Produk layanan tersebut yang paling dominan dilakukan para pengguna Flip. Selain itu, produk Flip lainnya yang juga diburu, pengiriman uang ke luar negeri, isi ulang dompet digital, dan solusi bisnis lainnya.

Flip mengklaim bahwa selama pandemi hingga saat ini layanan besutannya tumbuh sampai berpuluh-puluh kali lipat. Sebanyak sembilan juta pengguna di Indonesia telah memanfaatkan layanan Flip.

Di kesempatan yang sama, Chief Operating Officer (COO) Flip Gita Prihanto, memaparkan tujuan startup fintech ini kedepannya.

"Ada tiga hal. Pertama, dari sisi produk. Fokus mengembangkan produk kami, supaya kami bisa menciptakan perusahaan teknologi finansial dengan platform yang end to end. Berawal dari tanpa biaya antarbank, kami ingin use case baru sesuai kebutuhan konsumen di Indonesia," tuturnya.

Kedua, Flip ingin memperbanyak membantu konsumen di Indonesia dalam melakukan transaksi yang adil dan juga lebih dapat diandalkan.

"Ketiga, meningkatkan layanan Flip. Dari segi apa? performance aplikasi, mempercepat pelayanan transaksi, customer service, semua kami usahakan lebih baik lagi di tahun ini," pungkas Gita.



Simak Video "Jerman Lirik Indonesia untuk Kerja Sama Bangun Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)