Telkom Bikin Pameran Virtual untuk UMKM di Sumatera Barat

ADVERTISEMENT

Telkom Bikin Pameran Virtual untuk UMKM di Sumatera Barat

Dea Duta Aulia - detikInet
Rabu, 13 Apr 2022 23:02 WIB
Telkom
Foto: dok. Telkom
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mendukung gelaran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang berlangsung di Sumatera Barat. Dukungan tersebut berupa pengembangan Virtual Expo Bangga Buatan Indonesia.

"Sebagai wujud dukungan nyata perusahaan dalam mengakselerasi digitalisasi para pelaku usaha lokal khususnya UMKM, Telkom kembali menyemarakkan Gernas BBI sepanjang tahun 2022 dengan menghadirkan virtual exhibition," kata Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya dalam keterangan tertulis, Rabu (13/4/2022).

Budi menuturkan pengembangan Virtual Expo Bangga Buatan Indonesia untuk membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Sementara itu dari sisi lain, Gernas BBI ini memberikan manfaat bagi para pembeli. Sebab mereka bisa lebih mudah memilih beragam produk unggulan khas Sumatera Barat melalui virtual expo.

"Ini juga menjadi momen yang tepat untuk mengajak lebih banyak UMKM untuk go digital, di mana saat ini lebih dari 300 UMKM telah bergabung. Sementara itu bagi pengunjung dan masyarakat, virtual expo akan memberikan kemudahan dalam berbelanja berbagai produk unggulan UMKM khususnya khas Sumatera Barat," jelasnya.

Telkom juga memberikan sejumlah pelatihan dan pembinaan agar pelaku UMKM mampu naik kelas dan penyediaan sarana Rumah BUMN hingga platform Pasar Digital (PaDi) UMKM.

Dukungan tersebut dinilai mampu mempermudah UMKM dalam mempromosikan produknya ke sejumlah pelanggan dari berbagai daerah. "Virtual expo ini menjadi salah satu langkah yang baik untuk mempercepat geliat ekonomi lokal dan tentunya berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia," katanya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berharap Gernas BBI mampu menggenjot potensi UMKM. Ini mengingat UMKM merupakan salah satu sektor yang penting dalam menopang perekonomian suatu wilayah.

"Sumatera Barat sudah lama dikenal sebagai sentra UMKM di mana 89% perekonomian daerahnya ditopang oleh lebih dari 600 ribu UMKM," kata Ma'ruf Amin.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Gernas BBI ini tidak hanya mampu berdampak baik terhadap perekonomian suatu wilayah saja, namun turut memberikan efek positif secara nasional.

"Pada tahun 2022 ini, Gernas BBI menampilkan virtual expo produk unggulan daerah yang telah disiapkan oleh Telkom. Saya berharap produk unggulan dari seluruh daerah BBI ini dapat ditampilkan untuk mendukung G20 di Bali, karena BBI telah telah meningkatkan belanja produk dalam negeri," tutup Luhut.



Simak Video "Jokowi Bicara Horor 90 Persen Startup Gagal saat Merintis"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT