Pasar PC Merosot Gara-gara Chromebook

Pasar PC Merosot Gara-gara Chromebook

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 12 Apr 2022 14:16 WIB
Samsung Chromebook 4
Ilustrasi Chromebook. Foto: dok Samsung
Jakarta -

Pengapalan produk PC menurun pada Q1 2022 setelah pembelian PC terkait pandemi COVID-19 mulai menurun. Penyebabnya adalah Chromebook. Kok bisa?

Data ini dirilis oleh Gartner dan juga oleh IDC. Menurut IDC, pengapalan PC pada Q1 2022 adalah 80,5 juta, sementara Gartner mencatatkan angka yang lebih rendah, yaitu turun 7,7% dibanding Q1 2021.

Menurut Gartner, penurunan ini dipicu oleh menurunnya pengapalan Chromebook yang menurun drastis. Jika data pengapalan Chromebook tak disertakan, maka pengapalan PC selama kuartal tersebut malah meningkat 3,3% dibanding Q1 2021.

Gartner pun menyebut penurunan pengapalan Chromebook itu salah satunya disebabkan penurunan jumlah pembelian Chromebook dari institusi pendidikan, yang merupakan pasar yang sangat gurih bagi Chromebook, dengan jumlah perangkat untuk guru dan murid mencapai lebih dari 40 juta unit.

Dari sisi brand, Lenovo masih jadi penguasa produk PC, yang diikuti oleh HP, Dell, dan Apple. Meski begitu, hanya Dell, Apple, dan Asus yang mencatatkan pertumbuhan pada Q1 2022, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (12/4/2022).

Melihat data tahun 2020, Chromebook adalah perangkat primadona pada tahun itu, terutama di tengah-tengah pandemi. Sekolah-sekolah memborong Chromebook untuk membantu transisi pembelajaran jarak jauh yang diterapkan.

Pasar PC secara keseluruhan mencatatkan pertumbuhan 11% pada 2020, dengan penjualan Chromebook di atas 30 juta unit. Angka tersebut sempat sedikit menurun pada Q3 2021 akibat pasokan komponen yang terhambat, namun kembali normal pada Q4 2021.

"Fokusnya seharusnya bukan pada penurunan volume PC secara year over year karena hal itu sudah bisa diprediksi," jelas Ryan Reith, group VP di IDC.

Menurutnya, perhatian seharusnya difokuskan pada keberhasilan industri PC mengapalkan lebih dari 80 juta PC saat kondisi logistik dan rantai pasokan masih carut marut, termasuk sejumlah masalah terkait geopolitik dan pandemi yang terjadi.



Simak Video "Menperin Luncurkan Chromebook Produksi TSM Karya Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)