Orang Terkaya di Dunia Borong Saham Twitter

Orang Terkaya di Dunia Borong Saham Twitter

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 05 Apr 2022 07:13 WIB
Jakarta -

Elon Musk baru saja memborong 9,2% saham Twitter. Menjadikan orang terkaya di dunia ini menjadi pemegang saham terbesar di media sosial berikon burung biru itu.

Mengacu pada laporan Securities Exchange Comission (SEC), Elon Musk membeli 73,49 juta saham Twitter senilai USD 2,89 miliar atau Rp 41,4 triliun.

Saat ini pemegang saham Twitter meliputi The Van Guard Group Inc (8,39%), BlackRock Fund Advisor (4,56%), SSgA Funds Management Inc (4,54%), Aristotle Capital Management LLC (2,51%), ARK Investment Management LLC (2,15%), Fidelity Management & Research (2,14%), dan Clear Bridge Investment LLC (2,09%).

Setelah aksi Elon Musk ini terungkap saham Twitter langsung melesat 28%. Lonjakan tersebut menandai kenaikan intraday saham terbesar sejak hari pertama perdagangan setelah penawaran umum perdana pada 2013.

Musk sendiri dikenal aktif di Twitter. Dia bergabung sejak 2009 dan kini memiliki lebih dari 80 juta pengikut.

Pun begitu pembelian saham ini agak mengejutkan. Pasalnya dua minggu lalu dirinya mengkritik Twitter melalui polling di akunnya.

Dia bertanya apakah Twitter mematuhi prinsip-prinsip kebebasan berbicara. Setelah lebih dari 70% mengatakan tidak, dia bertanya lagi apakah platform baru diperlukan.

"Mengingat komentar Elon sebelumnya tentang keinginan untuk memulai perusahaan media sosial, saya meyakini kemungkinan dia akan meningkatkan kepemilikannya di Twitter atau mengambil alih saham perusahaan dalam waktu dekat," kata Tom Forte, seorang analis di DA Davidson & Co dilansir dari Aljazeera.

Namun pembelian saham yang dilakukan Elon Musk bakal menjadi ujian besar bagi CEO Twitter baru Parag Agrawal, yang menggantikan Jack Dorsey setelah dia secara tak terduga mengundurkan diri pada November. Kala pergantian tersebut diumumkan Musk sempat memposting meme yang menggambarkan Agrawal sebagai diktator Soviet Joseph Stalin dan Dorsey sebagai kepala polisi rahasia Soviet Nikolai Yezhov yang didorong ke dalam air.

"Sepertinya Elon memasang laser matanya di Twitter," kata analis Wedbush Dan Ives.

(afr/afr)