Ini Keunggulan NTT JKT3 Data Center Untuk Para Pelaku Bisnis

ADVERTISEMENT

Ini Keunggulan NTT JKT3 Data Center Untuk Para Pelaku Bisnis

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 31 Mar 2022 20:08 WIB
NTT Jakarta 3 Data Center yang diklaim terbesar di Indonesia dengan kapasitas 45 megawatt.
Ruang data di NTT JKT3 Data Center. Foto: (dok NTT JKT3 Data Center)
Jakarta -

NTT Jakarta 3 Data Center, yang diklaim terbesar di Indonesia, telah diluncurkan. Ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan untuk pelaku bisnis.

Mizuho Tada, Presiden Direktur, NTT Ltd. Indonesia, resmi meluncurkan NTT Jakarta 3 Data Center. Fasilitas penyimpanan ini hadir untuk memenuhi kebutuhan bisnis digital, dari keunggulan yang mereka tawarkan.

"Kebanyakan data center hanya sebagai facility provider atau penyedia fasilitas saja. Yang membedakan NTT adalah kami juga sebagai carier hub, di mana banyak Internet Service Provider (ISP) di dalam data center," ujar Tada kepada detikINET di NTT JKT3 Data Center, Cibitung, Bekasi, Kamis (31/3/2022).

Lalu Tada juga mengatakan bahwa NTT memiliki koneksi internasional JKT-IX, yang merupakan terbesar ketiga di Indonesia. Dimana mereka sendiri berada di posisi tiga. Sehingga memungkinkan pengguna dapat melakukan peering service.

"Kita memiliki direct connection yang ada di Jakarta 3 ini tersabung ke gerbang internet internasional yang ada di Jakarta 2. Dengan latensi kurang dari 1ms. Sehingga seakan-akan Jakarta 3 dengan Jakarta 2 berada di satu jaringan kampus yang sama," tambahnya.

Menurutnya, berkaitan dengan Jakarta 3 data center, NTT tidak hanya memberikan ruang fisik dan juga kapabilitas jaringan. Mereka juga menguguhkan beragam kemampuan jaringan yang ada.

"Pelanggan hyperscaler, kebanyakan menggunakan private dan public cloud, yang dinamakan hybrid cloud. Saat ini untuk hyperscale customer, menjadi suatu trend," kata Tada.

Jadi ia menjelaskan, ini bisa memenuhi kebutuhan dari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan hyperscale data center. Terutama bagi industri keuangan, perbankan, asuransi yang membutuhkan kapabilitas ini.

"Jakarta 3 Data Center akan mengakomodasi kebutuhan client khususnya penyedia layanan cloud dan industri keuangan, yang membutuhkan desain fasilitas yang fleksibel untuk membantu mencapai tujuan bisnis mereka," ujar Tada.

Tada juga mengklaim bahwa fasilitas yang terletak di Bekasi ini, menjadi yang terbesar dari di Indonesia. Ia mengatakan bahwa kapasitas yang ditawarkan mencapai 45 megawatt, lebih tinggi dibandingkan JKT2.

"Dibandingkan dengan NTT JKT2, yang paling membedakan adalah high density. Ini seperti memiliki high power, yang cukup besar," kata Tada.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Indahnya Pesona Bukit Tuamese di NTT yang Mirip Raja Ampat"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT