Paques Pamer Bahasa Pemrograman Karya Anak Bangsa

ADVERTISEMENT

Paques Pamer Bahasa Pemrograman Karya Anak Bangsa

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 11 Mar 2022 12:15 WIB
Benni Adham, CEO Paques
CEO Paques Benni Adham. Foto: Dok. Paques
Jakarta -

Paques, penyedia solusi big data analitik buatan Indonesia, memamerkan bahasa pemrograman buatannya yang bernama PQL (Paques Query Langugage). Apa keunggulannya?

PQL dipamerkan dalam acara Bincang Big Data - Take a Peek in Your Data yang digelar Kamis (10/3). Menurut Benni Adham, CEO dan Product Creator Paques, keunggulan utama PQL adalah kecepatan dan kemudahan penggunaan.

Solusi Paques dirancang untuk menghadapi masalah inefisiensi pengolahan data, menyediakan kecepatan dan kemudahan bagi pengguna bisnis guna mempercepat waktu pemasaran.

Pengolahan data yang umumnya merupakan proses yang kompleks dapat dikerjakan hanya menggunakan satu platform dengan performa tinggi oleh Paques, menggunakan bahasa pemrogaman yang dibuat sendiri, yaitu PQL (Paques Query Language) dilengkapi Distributed Asynchronous Parallel Pipeline Processing yang mana adalah core dari Paques itu sendiri.

Selain itu, bahasa pemrogaman buatan Paques ini memungkinkan pengguna tanpa kemampuan koding untuk mengoperasikan Paques secara mudah dengan adanya fitur drag-and-drop, secara praktis dan signifikan dapat menyederhanakan proses data analitik pengguna bisnis.

"Paques memungkinkan data yang masuk secara apa adanya langsung dapat diolah dengan cepat, dengan teknologi yang kita buat sendiri yaitu Distributed Asynchronous Parallel Pipeline Processing, menghasilkan data yang dapat dipresentasikan dengan cepat untuk users," ujar Benni, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (11/3/2022).

Dalam acara tersebut juga dihadirkan pakar teknologi informasi Onno W Purbo dan GM Network Service Assurance Telkomsel Sumbagsel Wahyudi Chandra Purnama. Pemanfaatan data sebagai bentuk pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis atau data driven merupakan pokok dari materi presentasi yang dibawakan Onno W Purbo.

Menurutnya, kemajuan teknologi saat ini data dilihat sebagai aset yang sangat penting, di mana pemanfaatan data yang efektif dapat membantu bisnis dalam melakukan analisa prediktif untuk memprediksi permintaan pelanggan serta mendorong proses pengambilan keputusan optimal dan efisiensi pengelolaan bisnis.

Proses pengolahan data yang umumnya ada saat ini merupakan bagian yang cukup kompleks dan memakan tidak hanya waktu, tetapi juga sumber daya yang tidak sedikit dengan adanya kebutuhan berbagai macam tools atau software untuk mendukung fungsi seperti analisa data dan visualisasi data.

"Kita bekerjasama dengan Paques untuk mengolah data yang sangat besar dengan respon yang sangat cepat, dan kolaborasi kita berhasil melahirkan support maksimal untuk Pemerintah pada saat itu," jelas Wahyudi, dalam keterangan yang sama.

Paques sendiri sebelumnya sudah punya bermacam solusi big data yang bisa dipakai sesuai kebutuhan pengguna, seperti Paques Cloud Connect, Paques Data Enterprise, Paques Data Studio, Paques TrueAI, dan Paques Media Intelligence.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "AHY Kritik Big Data Luhut soal Penundaan Pemilu: Pemufakatan Jahat!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT