India Larang Impor Drone

India Larang Impor Drone

Josina - detikInet
Senin, 14 Feb 2022 10:15 WIB
Ilustrasi Drone
Foto: Photo by Diana Măceşanu on Unsplash
Jakarta -

Sebagai bentuk untuk mempromosikan drone buatan lokal, Kementerian Perdagangan dan Industri India mengumumkan akan melarang impor perangkat drone.

Namun larangan ini tidak berlaku untuk komponen drone maupun untuk drone yang digunakan sebagai penelitian, pengembangan, pertahanan, dan keamanan asalkan mendapatkan persetujuan dari Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri.

Demikian keputusan ini membuka kemungkinan bagi perusahaan drone asal India yang dapat menambah nilai dengan menciptakan desain asli menggunakan komponen impor.

Impor semacam itu dapat memudahkan perusahaan drone lokal untuk memproduksi mesin yang kompetitif dan mewujudkan visi tentang India sebagai pusat manufaktur dan pengoperasian drone pada tahun 2030.

India melihat pasar drone sebagai bagian besar dari masa depannya termasuk dalam hal pengiriman, membantu petani mengelola lahan atau menyemprot tanaman, atau menggunakan foto udara dan alat pemantauan untuk beragam aplikasi.

Dilansir detikINET dari The Register, pembuat drone India saat ini sedang mengembangkan drone angkat berat pertama di negara itu - mesin yang mampu membawa hingga 150kg kargo hingga 150km.

Banyak jalanan di India yang terkenal terbelakang, sehingga drone kargo dapat memangkas waktu pengiriman, menjadikan e-commerce lebih umum dan lebih mudah diakses ke daerah pedesaan.

Pada Agustus lalu, pemerintah melonggarkan persyaratan untuk kendaraan udara tak berawak - termasuk mengurangi biaya dan menghapus persyaratan izin keamanan untuk memiliki lisensi drone.

Kemudian menyetujui skema insentif untuk drone dan komponen dengan anggaran keseluruhan 1,2 miliar rupee ( USD 16,3 juta) selama tiga tahun.

Negara ini juga telah membangun peta wilayah udara drone gratis dan pada tahun 2021 menerbitkan aturan drone yang berdasarkan premis kepercayaan, sertifikasi diri, dan pemantauan non-intrusif.



Simak Video "Demo FPI-PA 212 Bubar, Lalin Depan Kedubes India Kembali Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)