Binance Siapkan USD 1 Miliar untuk Jamin Dana Pengguna

Binance Siapkan USD 1 Miliar untuk Jamin Dana Pengguna

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 09 Feb 2022 08:15 WIB
Binance
Foto: Dok. Binance
Jakarta -

Bursa mata uang kripto Binance punya insiatif Secure Asset Fund for Users (SAFU) yang merupakan dana keamanan aset pengguna. Kini, nilai dana tersebut ditambah menjadi USD 1 miliar.

Langkah ini diambil Binance di tengah meningkatknya jumlah kasus peretasan dan pelanggaran keamanan di industri mata uang kripto. Dana SAFU sendiri merupakan langkah yang diluncurkan Binance di tahun 2018 untuk melindungi kepentingan pengguna.

Dana asuransi ini didapatkan dengan mengalokasikan persentase tertentu dari biaya perdagangan yang Binance tetapkan. Sebelumnya dana ini pernah dipakai Binance untuk mengembalikan dana pengguna di beberapa kasus.

Salah satunya adalah kasus yang terjadi pada bulan Mei 2018. Dana asuransi ini pun digunakan untuk mengompensasi dana pengguna yang hilang karena serangan minting Cover finance di bulan Desember kemarin.

"Transparansi adalah elemen penting dalam membangun kepercayaan, itulah sebabnya kami menerbitkan alamat dompet dana asuransi kami. Kami mengajak semua bursa lain untuk melakukan hal yang sama," jelas CEO Binance, Changpeng Zhao, dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Hal ini akan menguntungkan seluruh ekosistem kripto dan menunjukkan kepada pemerintah, regulator, dan pemangku kepentingan lainnya komitmen kolektif kami untuk menjunjung tinggi kepercayaan, integritas, dan transparansi dalam ekosistem kripto," tambahnya.

Dalam beberapa minggu terakhir, salah satu bursa kripto, crypto.com, diretas dengan kerugian sebesar USD 33,8 juta bersama bursa lain Bitmart, yang mengalami peretasan dana sebesar USD 200 juta dana dicuri.

Secara keseluruhan, diperkirakan sekitar USD 1 miliar hilang dari berbagai platform DeFi dan bursa terpusat karena peretasan dan eksploitasi. Inilah alasan di balik komitmen Binance untuk menjaga dana asuransi kripto terbesar dan meningkatkan transparansi dana tersebut ke pengguna.

Selain Binance, ada juga bursa kripto internasional lain seperti Coinbase dan FTX yang juga mempublikasikan alamat dana asuransinya ini.



Simak Video "YG Entertainment Masuk Dunia Metaverse Gandeng Binance"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)