Sohib Mark Zuckerberg Tinggalkan Proyek Metaverse

Sohib Mark Zuckerberg Tinggalkan Proyek Metaverse

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 08 Feb 2022 18:30 WIB
Peter Thiel
Peter Thiel. Foto: Getty Images
Jakarta -

Peter Thiel akan mengundurkan diri dari posisinya sebagai dewan direksi Meta pada pertemuan pemegang saham tahunan perusahaan yang dulu bernama Facebook itu.

Thiel adalah seorang venture capitalist yang juga adalah salah satu investor pertama Facebook. Ia pertama bertemu Mark Zuckerberg 18 tahun lalu, dan menyuntikkan dana sebesar USD 500 ribu, saat valuasi Facebook baru USD 5 juta.

Kemudian sejak tahun 2005 ia mendapat posisi di dewan direksi Facebook. Sejumlah sumber menyebut pendiri PayPal itu pensiun untuk berfokus pada pemilu AS pada November mendatang, namun baik Thiel maupun Meta tak menyebut secara gamblang alasan Thiel mengundurkan diri dari Meta.

"Peter sudah menjadi anggota dewan direksi yang sangat berharga dan saya sangat bersyukur terhadap semua yang ia lakukan untuk perusahaan kami," jelas Zuck, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (8/2/2022).

"Peter adalah seorang pemikir di mana anda bisa menceritakan masalah terberatmu dan mendapat saran yang unik. Ia sudah menjadi direksi kami selama hampir dua dekade dan sejak awal kami sudah tahu kalau suatu waktu ia akan mengalihkan waktunya untuk keperluan lain," tambahnya.

Pada awalnya, Thiel memang lebih dikenal sebagai investor untuk Facebook dan berbagai perusahaan teknologi lain. Namun beberapa tahun belakangan ia lebih dikenal karena advokasi politik konservatifnya.

Ia secara publik mendukung kampanye mantan Presiden Donald Trump pada 2016. Kemudian ia juga berdonasi ke kandidat Republican seperti Kris Kobach, J.D. Vance, dan Blake Masters.

Zuck sendiri menolak memutus hubungan dengan Thiel, dan bahkan melindungi keberadaannya di dewan direksi Facebook sekalipun Thiel sudah terlihat sangat mendukung Trump.

Mundurnya Thiel ini terjadi setelah laporan keuangan kuartal Meta yang mengecewakan. Seperti jumlah pengguna harian Facebook yang menurun untuk pertama kalinya dalam sejarah dan juga penurunan valuasi Facebook sebesar 25%.



Simak Video "Meta Akan Ambil Komisi Hampir 50% di Metaverse"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)