Usia Baru 26 Tahun, Titisan Elon Musk Ini Duitnya Rp 25 Triliun

Usia Baru 26 Tahun, Titisan Elon Musk Ini Duitnya Rp 25 Triliun

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 27 Des 2021 21:30 WIB
Austin Russell pendiri dan CEO Luminar Tech
Miliarder Baru yang Disebut Elon Musk 2.0, Kenalin Austin Russell. Foto: Twitter@LuminarTech
Jakarta -

Miliarder Baru Austin Russell ini dijuluki Elon Musk 2.0 karena kepintarannya di bidang teknologi. Pria ini merupakan orang termuda yang menjadi miliarder dalam mata uang dolar AS di usia 26 tahun. Pria asal Amerika Serikat ini duitnya menurut Forbes di kisaran USD 1,8 miliar atau Rp 25 triliun.

Namanya dikenal setelah Elon Musk menyebut teknologi lidar (Light Detection and Ranging) 'mahal dan tidak perlu' tetapi Russell yang berusia 26 tahun percaya sebaliknya. Ia bahkan memiliki kesepakatan dengan Volvo, Toyota dan Intel untuk membuktikannya

Apa lagi fakta menarik seputar Austin Russell? Simak di bawah ini sebagaimana melansir South China Morning Post.

1. Dropout dari Standford University

Pada usia 17, Russell sedang belajar fisika di Stanford University ketika ia mengembangkan ide tentang teknologi sensor otomotif yang kemudian menjadi terobosan utama Luminar Technologies. Namun, dia tidak kuliah lama. Ia keluar pada 2012 setelah menerima beasiswa senilai USD 100 ribu dari investor teknologi miliarder dan salah satu pendiri PayPal Peter Thiel.

2. Menemukan inovasi self-driving car

Luminar adalah perusahaan rintisan yang mengembangkan teknologi hardware dan perangkat lunak lidar (pendeteksian cahaya dan jangkauan) otomotif yang menggunakan laser untuk mendeteksi dan mengukur jarak. Teknologi ini pada akhirnya dapat membuat peta 3D dari lingkungan dunia nyata yang dapat digunakan dalam mengemudi.

Sensor lidar Luminar sekarang digunakan oleh pelanggan otomotif utama seperti Volvo, Toyota dan Intel Mobileye. Baru-baru ini, Luminar dipilih untuk digunakan dalam Drive Hyperion Autonomous Vehicle Reference Platform Nvidia yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak final pada tahun 2024.

3. Jadi miliarder

Meskipun ia mendirikan Luminar pada 2012, butuh beberapa tahun untuk mencapai status miliarder. Russell mengatakan kepada CNBC bahwa ia mendirikan perusahaan untuk menjadi bisnis berkelanjutan jangka panjang dan memberi kekuatan pada masa depan otonomi produsen mobil. Ia menambahkan kesuksesannya baru-baru ini terasa 'tidak nyata'.

Russell menjadi miliarder mandiri termuda di dunia pada usia 25 tahun - sebuah gelar yang pernah diklaim, kemudian dilucuti dari Kylie Jenner. Menurut The Wall Street Journal, saham Luminar meningkat hampir 28% pada debutnya dan memberi perusahaan nilai pasar sekitar USD 7,8 miliar.

4. Mansion mahal

Sebagai CEO yang sedang naik daun, wajar jika ia mampu membeli barang mahal termasuk mansion. Menurut Dirt, miliarder muda itu baru-baru ini membeli sebuah rumah mewah senilai USD 83 juta di Pacific Palisades, Los Angeles, yang luasnya lebih dari 20.000 kaki persegi, dengan enam kamar tidur dan 18 kamar mandi.

Tidak hanya itu, mansion LA ini juga dilengkapi akses pemindai retina ke kamar tidur, bioskop luar ruang 20 kursi, dan galeri mobil. Ditambah lagi, Tom Hanks dan Rita Wilson adalah tetangganya.



Simak Video "Elon Musk Tunda Kesepakatan Beli Twitter, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)