Mentransformasi Industri Agribisnis Lewat Teknologi Geospasial

ADVERTISEMENT

Mentransformasi Industri Agribisnis Lewat Teknologi Geospasial

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 01 Feb 2022 18:30 WIB
Esri Indonesia
Foto: Dok. Esri Indonesia
Jakarta -

Sistem Informasi Geografis (SIG) bisa dipakai untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan agribisnis. Bagaimana caranya?

SIG bisa dipakai di, misalnya, dipakai memantau aset dan infrastruktur perkebunan dan mengoptimalkan biaya. Lalu, kecerdasan lokasi yang diperoleh dari SIG bisa memberikan laporan dan peringatan real-time tentang potensi kebakaran lahan.

Tujuannya agar bisa membantu responen pertama dan lembaga terkait untuk melakukan mitigasi kebakaran. Menurut Christanto Yanuar, Country Manager Esri Indonesia, Industri 4.0 telah menjadi sebuah tahap industri baru di mana inovasi teknologi digital bermunculan seperti Perangkat Pintar (IoT), AI dan Big Data yang secara keseluruhan dapat memajukan bidang industri ke tingkat selanjutnya, dengan bantuan teknologi.

"Di era digital ini, efektivitas pemanfaatan data sangat bergantung pada kemampuan mengelola, menganalisis, dan menggunakan data secara tepat," tutur Christanto, dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Dorongan dari industri pertanian dan perkebunan untuk menciptakan efisiensi dan produktivitas telah membuka kesempatan bagi praktik pertanian presisi (precision agriculture) yang lebih cerdas," tambahnya.

Karena itulah, Esri Indonesia, yang merupakan penyedia solusi geospasial, bekerja sama dengan Ata Marie, konsultan kehutanan dan agribisnis, untuk membantu organisasi mempercepat transformasi digital dan meningkatkan peforma bisnis dengan dukungan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG), Big Data Analytics dan Kecerdasan Buatan.

Esri Indonesia dan Ata Marie akan berfokus mendukung industri perkebunan dan pertanian bertransformasi, memodernisasi bisnis dan pada saat yang bersamaan mendukung pembangunan berkelanjutan.

Melalui kerja sama ini para konsumen Ata Marie akan memiliki akses ke seluruh portofolio penawaran dan layanan SIG Esri Indonesia. Penggunaan teknologi SIG juga akan memberikan nilai tambah bagi bisnis Ata Marie melalui solusi manajemen ketersediaan data yang dapat memberikan informasi akurat di dalam menyelesaikan berbagai tantangan industri yang ada saat ini.

Penggabungan kedua pengalaman dan keahlian dari perusahaan ini juga akan memungkinkan organisasi untuk memanfaatkan solusi Esri Indonesia dalam merancang dan menerapkan strategi transformasi digital.

"Aliansi Esri Indonesia dengan Ata Marie menandai langkah baru menuju pengembangan yang lebih inovatif. Kami berharap melalui kemitraan ini dapat semakin membuka berbagai inovasi untuk industri pertanian dan perkebunan," tutup Christanto.

Kerjasama strategis ini akan mendukung efisiensi berbagai organisasi dalam pemanfaatan data yang bersifat kompleks dan lebih berfokus pada analisa dan wawasan untuk meningkatkan nilai bisnis.

Gabungan keahlian dari kedua perusahaan ini juga akan membantu perusahaan dari berbagai industri untuk merancang, mengimplementasikan, dan mempercepat perjalanan transformasi bisnis mereka.



Simak Video "AHY Kritik Big Data Luhut soal Penundaan Pemilu: Pemufakatan Jahat!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT