Heboh Rumor Xiaomi Ditinggalkan Pendirinya

Heboh Rumor Xiaomi Ditinggalkan Pendirinya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 30 Jan 2022 16:00 WIB
Xiaomi founder and CEO Lei Jun attends a launch ceremony of the new flagship phone Xiaomi Mi 9 in Beijing, China February 20, 2019. REUTERS/Jason Lee
Pendiri Xiaomi Lei Jun. Foto: REUTERS/Jason Lee
Shenzhen -

Netizen di China dilanda kehebohan lantaran ada kabar bahwa Lei Jun selaku pendiri dan CEO Xiaomi telah meninggalkan perusahaan tersebut. Benarkah demikian?

Banyak netizen bertanya-tanya soal itu karena Lei Jun disebut telah resign dari posisi chairman di Beijing Xiaomi Electronic Products Co Ltd. Mereka mengira hal ini berarti bahwa Lei Jun berhenti sepenuhnya.

Kehebohan di media sosial itu sampai di telinga petinggi Xiaomi. Akhirnya, general manager PR Xiaomi memberikan penjelasan bahwa tidak benar Lei Jun mau meninggalkan perusahaan.

Dia hanya berhenti sebagai chairman di unit elektronik Xiaomi. Xiaomi punya banyak anak perusahaan sehingga resign semacam ini adalah hal yang wajar. Terlebih, Lei Jun juga sedang fokus mengembangkan bisnis mobil listrik Xiaomi.

"Tak hanya netizen, banyak media menyebut Lei Jun resign sebagai chairman Xiaomi," sebut sang PR sembari menjelaskan bahwa Xiaomi punya berbagai bisnis, seperti dikutip detikINET dari Gizmo China.

Lei Jun sendiri kemudian juga melontarkan klarifikasi di akun media sosialnya. "Xiaomi Grup punya banyak anak perusahaan, sehingga penyesuaian Board of Directors dan legal dari berbagai subsidiary itu adalah hal yang normal, jangan salah paham," tulis Lei Jun.

Lei Jun sendiri tengah berambisi membuat mobil listrik andal buatan Xiaomi dan saat ini, persiapan intensif telah dilakukan. Xiaomi telah resmi mendirikan perusahaan bernama Xiaomi Automobile yang sudah didaftarkan ke otoritas di China.

Xiaomi berencana membangun pabrik mobil listrik yang bisa memproduksi 300 ribu unit setiap tahunnya, saat nanti beroperasi penuh pada 2024.

Pabrik tersebut bakal dibangun di Beijing dalam dua tahap. Selain itu Xiaomi juga bakal membangun kantor pusat unit otomotifnya itu, termasuk kantor divisi penelitian dan penjualan, di Beijing Economic and Technological Development Zone.

"Aku menatap ke depan untuk melihat mobil listrik Xiaomi melalui setiap jalan di dunia. Aku secara pribadi memimpin timnya, ini akan menjadi proyek entrepreneur besar terakhir dalam hidupku. Aku tahu persis apa arti keputusan ini dan aku mau mempertaruhkan seluruh reputasi bertarung untuk Xiaomi," cetus Lei Jun.



Simak Video "Xiaomi 12S dan 12S Pro, Apa Kelebihan dan Perbedaannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/jsn)