Surge Luncurkan Kohort Keenam, Total Pendanaan Capai USD 60 Juta

Surge Luncurkan Kohort Keenam, Total Pendanaan Capai USD 60 Juta

Muhamad Yoga Prastyo - detikInet
Rabu, 26 Jan 2022 21:01 WIB
Surge
Foto: Surge
Jakarta -

Program percepatan dari Sequoia Capital India, Surge, telah meluncurkan kohort keenamnya (Surge 06). Program ini diikuti 20 perusahaan startup dengan total pendanaan USD 60 juta dari Surge dan para co-investor.

Dengan diluncurkannya kohort keenam ini, total 246 founder dari 112 startup yang berasal dari lebih 15 sektor kini telah bergabung dengan komunitas Surge. Bersamaan dengan itu, 45 perusahaan dari empat kohort pertama yang terdiri dari 69 perusahaan telah mendapatkan pendanaan lanjutan.

Dalam kurun waktu tiga tahun, Surge telah melakukan evaluasi dan melihat perkembangan 10.000 perusahaan lebih yang mereka dampingi. Hasil ini membuktikan dukungan tahap awal yang diberikan program Surge melalui pendampingan strategis dan arahan langsung dapat membantu membangun perusahaan.

Managing Director Surge & Sequoia India, Rajan Anandan, mengatakan setiap founder yang berpartisipasi membawa inovasi dan tujuan yang berani dan dibutuhkan dunia. Inovasi ini berguna untuk memecahkan masalah-masalah krusial dengan membangun fondasi digital yang kuat dan dapat membuka jalan ke pasar internasional.

"Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari perjalanan para founder kami yang ambisius, saat mereka berusaha membangun bisnis global di masa depan," ucap Rajan Anandan dalam keterangan tertulis, Rabu (26/1/2022).

Perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam program Surge 06 ini membawa para founder dengan pemikiran dan inovasi yang beragam untuk menyelami solusi berbasis teknologi lintas pasar dan industri. Dari 20 startup yang terlibat dalam program Surge 06 ini, 13 di antaranya bahkan sudah membangun usaha untuk khalayak umum di luar pasar asal mereka.

Beberapa perusahaan yang tergabung dalam kohort ini berasal dari berbagai sektor seperti AgTech, EdTech, FinTech, direct-to-consumer, dan e-commerce. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan perangkat lunak, perusahaan-perusahaan ini mengubah potensi manusia melalui cara mereka hidup, bekerja dan belajar, dan memecahkan masalah yang mendasar dan sistematis tanpa batas dan digital.

Salah satu perusahaan asal Indonesia yang ikut menjadi bagian dari kohort Surge keenam ini adalah Grupin. Grupin adalah platform social commerce yang baru didirikan pada Januari 2021 dan menawarkan pengalaman berbelanja interaktif berbasis komunitas kepada konsumen.

"Dengan ini, Surge sekarang memiliki 12 perusahaan Indonesia yang sudah bergabung dengan komunitasnya selama tiga tahun terakhir. Kami sangat bangga dapat menyaksikan perkembangan pesat dari ekosistem startup di Indonesia saat ini," ujar Rajan.

Adapun perusahaan yang dimaksud tersebut adalah Bobobox, Qoala, Chilibeli, Rukita, BukuKas, CoLearn, Hangry, Otoklix, DurianPay, Rara Delivery, dan Vara.

Sebagai tambahan informasi, Surge 06 akan dimulai pada tanggal 27 Januari dan para founder akan menjalani program virtual yang ketat selama 16 minggu. Pembicara dan mentor yang hadir dalam program ini yaitu Edward Tirtanata (Kopi Kenangan), Andre Soelistyo (Gojek/GoTo), William Tanuwijaya (Tokopedia), Siu Riu Quel (Carousell), Chhatri Sityodtong (ONE Championship), Ankiti Bose (Zilingo), dan Doug Leone (Sequoia Capital).

(fhs/fay)