Anak Muda RI Harus Di-twist Pola Pikirnya Biar Seperti Korea

Anak Muda RI Harus Di-twist Pola Pikirnya Biar Seperti Korea

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 12 Jan 2022 19:31 WIB
Korea Selatan sukses mendorong pop culture mereka, KPop, ke kancah dunia. Erick Thohir mengatakan Indonesia bisa mencontoh hal ini lewat pembangunan ekosistem.
Erick Thohir: Anak Muda Harus Di-twist Pola Pikirnya! (Foto: Aisyah/detikINET)
Jakarta -

Korea Selatan sukses mendorong pop culture mereka, KPop, ke kancah dunia. Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara mengatakan Indonesia bisa mencontoh hal ini lewat pembangunan ekosistem. Lewat tangan anak muda lah Indonesia bisa semakin berkembang terlebih di era yang serba digital. Bukan hanya jadi konsumen, kita harus bisa menjadi penghasil.

"Kita harus fokus membangun ekosistem untuk generasi kita. Semua negara bangun ekosistem mereka sendiri-sendiri kok, tapi kita bisa nggak bersaing?" katanya dalam acara press conference CXO Media, Rabu (12/1/2022).

"Contoh Korea yang membangun pop culture, yang awalnya jauh tertinggal dari Jepang atau Amerika, tapi 10 tahun terakhir berhasil," lanjutnya.

Ia pun sadar teknologi mempunyai peranan penting. Seperti visi yang dimiliki CXO Media milik Putri Tanjung di mana ia ingin anak muda berkarya, melek potensi internet, dan bisa lebih berkontribusi, Erick berharap anak muda dapat menyadari peranan mereka yang sangat besar di era digital.

"Mayoritas penduduk Indonesia di 2024-2034 berusia di bawah 40 tahun, artinya market-nya cukup besar. Mereka yang menjadi trendsetter. Generasi muda selama ini hanya konsumen, ini yang harus di-twist pola pikirnya," ucap Erick.

Persoalan ekosistem, pemerintah sudah berupaya memberikan yang terbaik untuk membangun negeri. Sekarang kembali pada anak muda bagaimana bisa memanfaatkan hal tersebut agar bisa lebih maju.

"Pemerintah ada Telkom, BNI, ada macam-macam sektor pariwisata seperti Nusa Dua dan Mandalika, ekosistem ini yang kami dorong sehingga bisa mendukung ide anak muda untuk berkarya," tandasnya.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Inspirasi Putri Tanjung Hadirkan Platform Media Interaktif"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)