Merek Ponsel Milik Xiaomi Ini Kabarnya Bakal Dijual

Merek Ponsel Milik Xiaomi Ini Kabarnya Bakal Dijual

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 12 Jan 2022 16:20 WIB
Black Shark 4S Pro
Tencent Mau Akuisisi Black Shark? Foto: Black Shark
Jakarta -

Raksasa teknologi China Tencent kabarnya akan mengakuisisi brand ponsel gaming Black Shark. Langkah ini rupanya diambil untuk memperluas ambisi Tencent dalam mengembangkan metaverse.

Kabar ini datang dari media lokal 36Kr dan beberapa sumber independen. Tencent disebut sudah memulai proses pembicaraan untuk membeli Black Shark dan sudah mendekati deal, seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (12/1/2022).

Black Shark sendiri merupakan vendor ponsel yang terbilang masih cukup muda. Produsen ponsel gaming ini pertama kali didirikan pada tahun 2017.

Saat ini Black Shark juga disokong oleh raksasa teknologi China lainnya yaitu Xiaomi. Perusahaan besutan Lei Jun itu merupakan pemegang saham terbesar dan memiliki 46,4% saham Black Shark.

Setelah proses akuisisi selesai, bisnis Black Shark akan bertransformasi. Dengan kata lain, brand Black Shark akan mengalami ekspansi setelah akuisisi ini selesai.

Jika rumor ini benar, maka bisnis Black Shark akan merambah teknologi dan perangkat terkait virtual reality (VR). Jadi konten software untuk VR akan disediakan oleh Tencent sedangkan Black Shark menyediakan perangkat kerasnya, seperti headset VR.

Mengembangkan hardware khusus seperti headset merupakan salah satu langkah kunci untuk mewujudkan metaverse. Seperti yang dilakukan Facebook (kini Meta) saat mengakuisisi Oculus pada tahun 2014, dan ByteDance yang mengakuisisi Pico, produsen headset VR asal China, tahun lalu.

Presiden Tencent Martin Lau juga sudah gembar-gembor ingin mewujudkan metaverse yang disebutnya sebagai kesempatan besar. Tapi ia mengakui konsep ini mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dibawa menjadi kenyataan.

Dipilihnya Black Shark oleh Tencent juga bukan sesuatu yang mengejutkan. Tahun lalu, Tencent menggandeng Black Shark untuk mengembangkan ponsel gaming yang bisa mengoptimalkan game Peacekeeper Elite.



Simak Video "Penjelasan Kominfo soal Tren Metaverse di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)