Begini Cara Shopee Manjakan UMKM

Year in Review 2021

Begini Cara Shopee Manjakan UMKM

Erika Dyah - detikInet
Sabtu, 25 Des 2021 13:07 WIB
Shopee
Foto: Istimewa
Jakarta -

Kehadiran platform belanja online tak hanya memberi kemudahan bagi para pembeli, tapi juga mendukung pelaku UMKM dalam negeri untuk mengembangkan bisnisnya. Kemudahan ini juga didukung oleh sederet fasilitas dan fitur yang diberikan e-commerce seperti Shopee untuk memanjakan UMKM dan membantu mereka mengembangkan bisnis.

Tahun ini, Shopee berupaya merangkul para pelaku UMKM untuk berjualan online dan membangun bisnis bersama Shopee lewat program terbaru, Kampus UMKM Shopee. Tak hanya itu, Shopee juga mendorong UMKM untuk bisa memasarkan produk lokal ke ranah global dengan menginisiasi hadirnya Kampus UMKM Shopee Ekspor.

Dikutip dari laman resmi Shopee, kedua program ini diadakan sebagai bentuk nyata dukungan dan dorongan kepada UMKM lokal Indonesia untuk mengembangkan usaha dari lokal, termasuk Program Ekspor Shopee agar UMKM lokal bisa masuk ke pasar dunia.

Hingga kini, Kampus UMKM Shopee berada di 4 kota di Indonesia, di antaranya Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo dan Bandung, serta Kampus UMKM Shopee di Semarang dan Jakarta. Setiap lokasi Kampus UMKM Shopee memberikan konsultasi, pelatihan, dan fitur pendukung lain untuk meningkatkan kualitas pelaku usaha.

Adapun sederet fasilitas dan layanan yang diberikan Shopee secara gratis di setiap lokasi Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor, antara lain:

1. Edukasi untuk UMKM

Edukasi merupakan layanan utama yang diberikan di Kampus UMKM Shopee. Melalui layanan edukasi ini, e-commerce ini mendorong UMKM agar bisa mengembangkan bisnis mereka di Shopee. Diketahui, edukasi yang diberikan mencakup pembuatan toko di Shopee, cara memproses pesanan, pemahaman tentang fitur promosi, hingga persiapan ekspor.

2. Pendamping Bisnis untuk Pelaku UMKM

Kampus UMKM Shopee juga menghadirkan pendamping bisnis melalui Trainer Shopee dan Tim Customer Service. Tim pendamping ini akan mendukung dan memberikan edukasi, tips, serta saran bagi para pelaku UMKM agar dapat terus meningkatkan performa bisnis masing-masing.

3. Fasilitas Pendukung Performa Bisnis UMKM

Tak hanya memberi edukasi dan pendampingan, Kampus UMKM Shopee juga menyediakan berbagai fasilitas dan layanan yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk menjaga dan meningkatkan performa bisnisnya. Fasilitas yang tersedia secara gratis di Kampus UMKM Shopee ini antara lain

● Fasilitas Bantuan Pembuatan Toko

Shopee memberi layanan pembuatan dan pengaturan toko bagi pelaku UMKM yang belum terdaftar, termasuk pembuatan akun Shopee, pengambilan foto dan upload produk, serta pendaftaran layanan Gratis Ongkir. Penyelenggaraan event edukasi ini diperuntukkan bagi pelaku UMKM yang belum terdaftar di Shopee untuk memahami layanan dan fitur Shopee.

● Fasilitas Edukasi

Kampus UMKM Shopee memiliki ruangan training berkapasitas 30 orang dengan program edukasi lengkap. Mulai dari cara pembuatan toko, fitur promosi, hingga persiapan menuju ekspor. Pusat edukasi ini juga dilengkapi dengan perangkat laptop dan handphone yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM untuk mencoba fitur di Seller Centre dan aplikasi Shopee.

● Fasilitas Manajemen Logistik

Tempat simulasi sistem gudang dengan berbagai peralatan yang layaknya ditemukan di sistem inventaris toko online juga tersedia di sini, seperti rak, peralatan pengemasan, barcode scanner, dan printer thermal.

● Fasilitas Pemasaran

Kampus UMKM Shopee memiliki studio foto, ruangan live streaming lengkap dengan backdrop, sistem lighting, tripod serta mikrofon yang bisa langsung digunakan oleh para pelaku UMKM.

● Fasilitas Ruang Meeting

Fasilitas ruang meeting (pertemuan) di Kampus UMKM Shopee dapat digunakan secara gratis oleh para pelaku UMKM serta Trainer Shopee. Baik untuk pelatihan maupun pendampingan secara individu.

● Fasilitas Ekspor

Untuk mendukung UMKM go global, Kampus UMKM Shopee juga menyediakan pusat ekspor yang berisi informasi dan panduan persiapan ekspor serta pameran berbagai produk yang sudah diekspor.

Dorong Produk Lokal Berjaya Lewat #ShopeePilihLokal

Tak hanya menghadirkan beragam fasilitas dan layanan gratis yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM, tahun ini Shopee juga menghadirkan fitur terbaru #ShopeePilihLokal untuk meningkatkan penjualan produk dari brand lokal di platform Shopee.

Direktur Eksekutif Shopee, Handhika Jahja menjelaskan fitur #ShopeePilihLokal merupakan wadah khusus produk lokal unggulan untuk mendorong dukungan pembeli terhadap brand dan UMKM lokal melalui promosi dan diskon menarik. Ia mengungkap pihaknya tak ketinggalan memberi rangkaian promosi dan diskon khusus produk-produk lokal untuk mendorong penjualannya.

"Shopee berkomitmen untuk turut serta dalam merealisasikan program pemerintah untuk mendorong keberlangsungan pelaku usaha lokal di Indonesia, yang tidak hanya untuk eksistensi karya lokal tanah air, tetapi juga secara tidak langsung mendorong perputaran roda ekonomi nasional," kata Handhika dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, fitur #ShopeePilihLokal ini juga sejalan dengan program pemerintah Bangga Buatan Indonesia. Oleh karena itu, ia berharap fitur ini dapat memberikan kesempatan bagi pelaku usaha lokal agar dapat menunjukkan karyanya. Serta membantu masyarakat mengenal ragam produk lokal dengan ekstra penawaran diskon dan voucher yang bisa dinikmati para pembeli.

Irene Ursula, Founder Somethinc yang merupakan salah satu brand skincare lokal terkemuka di Indonesia mengaku hadirnya fitur terbaru dari Shopee ini sangat memberi kemudahan bagi para pelaku usaha lokal yang masih merintis.

"Khususnya dalam pemberian eksposur yang luar biasa, sehingga kami bisa memfokuskan peningkatan kualitas dan inovasi produk," ungkap Irene.

Sementara itu, Co-Founder JINISO, Dian Fiona mengaku fitur ini turut memberi kemudahan yang memanjakan brand lokal serta para konsumen di Indonesia.

"Salah satu tantangan yang sering ditemukan oleh konsumen Indonesia adalah kesulitan dalam mencari nama produk ataupun brand. Tak kenal maka tak sayang. Dengan hadirnya inisiatif ini, masyarakat dapat dengan mudah menemukan wadah yang didedikasikan untuk semua rangkaian pilihan produk lokal," jelas Dian.

Sebagai bagian dari brand lokal, Dian pun berharap inisiatif ini dapat menjadi semangat untuk terus berjuang dan bersama menggerakkan roda perekonomian Indonesia.



Simak Video "Year In Review 2021: Kilas Balik Penanganan COVID-19 di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)