KargoNexus Bawa Solusi Manajemen Logistik Terintegrasi

ADVERTISEMENT

KargoNexus Bawa Solusi Manajemen Logistik Terintegrasi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 15 Des 2021 20:33 WIB
KargoNexus
Foto: Dok. Kargo Tech
Jakarta -

Kargo Tech, platform penyedia solusi logistik, merilis KargoNexus, yaitu solusi end-to-end untuk pengelolaan aktivitas rantai pasok dan logistik.

Layanan yang ditawarkan ini meliputi manajemen pengiriman barang first mid hingga last mile delivery, pemilihan vendor/transporter, pemantauan pengiriman, hingga analisis performa berbasis data secara digital melalui pemanfaatan teknologi.

Berdasarkan data Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) tahun 2021, arus pengiriman barang mengalami pertumbuhan hingga 40% selama pandemi. Pada periode tersebut, industri farmasi, alat kesehatan, dan barang-barang konsumsi (consumer goods) tercatat memiliki kontribusi pengiriman terbesar.

Meski demikian, digitalisasi juga membawa kompleksitas pada pengelolaan data logistik dan pengiriman barang secara cepat dalam skala besar selama pandemi. Ironisnya, belum semua perusahaan menggelar aktivitas logistik mereka dengan memanfaatkan teknologi, melainkan secara manual.

Alhasil banyak perusahaan yang membutuhkan solusi teknologi tepat yang menyeluruh untuk memaksimalkan efisiensi dan efektivitas dalam logistik lewat transformasi digital.

Hal inilah yang ditawarkan Kargo Tech lewat KargoNexus, yang menjanjikan kemudahan bagi perusahaan untuk melakukan digitalisasi sistem logistik dan rantai pasok perusahaan.

"Melalui solusi dari KargoNexus, kami ingin membantu perusahaan untuk mencapai 100% produktivitas mereka, mulai dari rantai pasok hingga menganalisis transaksi logistik secara real-time agar mereka dapat mengakselerasi bisnis dan memenangkan persaingan," papar Brian Aditya Tedjasaputra selaku Head of Product dan Enterprise Solutions Kargo Tech, dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (15/12/2021).

Ia juga menambahkan bahwa solusi yang dimiliki KargoNexus dapat menghilangkan hidden cost dalam pengiriman barang yang selama ini tidak dapat dipantau oleh perusahaan. Manager TI di perusahaan pun tidak perlu ragu lagi saat harus mengimplementasikannya, karena selain mudah dijalankan, KargoNexus juga bersifat seamless saat harus bekerja antar aplikasi lainnya dalam satu jaringan.

Fitur Unggulan KargoNexus

  • Order Management, yang dijanjikan bisa membantu perusahaan untuk membuat order dalam jumlah besar dan mendapat konfirmasi langsung dari pihak vendor, sehingga bisa menghemat lebih banyak waktu.
  • Private Marketplace, yang menghubungkan perusahaan dengan vendor-vendor yang sudah terkurasi, memiliki kontrak dan terverifikasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, sehingga perusahaan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari, mengecek kontrak, dan konfirmasi ketersediaan vendor secara manual satu per satu.
  • Private Bidding, yaitu ruang untuk adanya proses tawar menawar sebelum akhirnya pengiriman berlangsung.
  • Shipment Track and Trace, yang merupakan solusi untuk visibilitas tracking yang transparan.
  • Electronic Proof of Delivery, yaitu mengubah format bukti pengiriman atau POD yang semula berwujud fisik menjadi electronic POD (E-POD).
  • Analytics Dashboard, yang bisa membuat perusahaan untuk mengambil langkah yang tepat dan signifikan dalam menganalisis waktu transit, waktu pengiriman dan performa vendor.


Simak Video "Indonesia dan Portugal Jalin Kerja Sama Transformasi Digital & Cyber Security"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT