Daya Beli Konsumen Turun, Apple Pangkas Produksi iPhone 13

Daya Beli Konsumen Turun, Apple Pangkas Produksi iPhone 13

Josina - detikInet
Jumat, 03 Des 2021 16:11 WIB
iPhone 13
Daya Beli Konsumen Turun, Apple Pangkas Produksi iPhone 13 (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Apple dilaporkan telah memberitahukan kepada pemasok suku cadangnya bahwa permintaan untuk iPhone 13 melambat. Sehingga Apple pun berencana untuk memangkas produksi iPhone 13.

Menurut laporan dari Bloomberg News penyebab ini terjadi karena kurangnya pasokan chip hingga turunnya daya tarik konsumen terhadap ponsel ini.

Dilansir detikINET dari Reuters, Jumat (3/12/2021) Apple sebelumnya sudah memangkas produksi iPhone 13 sebanyak 10 juta unit di mana target awalnya sebanyak 90 juta unit. Tetapi kini Apple telah memberitahu kepada vendor jika pesanan tersebut tampaknya tidak akan terwujud.

Sayangnya baik Apple dan beberapa pemasoknya seperti 3M Co (MMM.N), Broadcom Inc (AVGO.O) dan Advanced Micro Devices Inc (AMD.O) belum memberikan tanggapannya terkait pemangkasan ini.

Awal terjadinya kelangkaan chip secara global karena tingginya permintaan untuk smartphone dan gadget selama pandemi virus COVID-19 telah mempengaruhi industri otomotif dan mengganggu produksi banyak perusahaan salah satunya Apple.

Pada bulan Oktober, Chief Executive Apple Tim Cook memperingatkan bahwa dampak dari kendala pasokan yang merugikan perusahaan USD 6 miliar dalam penjualan pada kuartal keempat fiskal, akan lebih buruk selama kuartal liburan dan kekurangan chip mempengaruhi sebagian besar produk mereka.

Nikkei melaporkan bulan lalu bahwa Apple bahkan mengurangi produksi tablet iPad untuk mengalokasikan lebih banyak komponen ke iPhone 13.



Simak Video "Prediksi iPhone 14: Tanpa Notch dan Model Mini"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)