5G Hingga AI Jadi Solusi Tingkatkan Ekonomi Digital RI

5G Hingga AI Jadi Solusi Tingkatkan Ekonomi Digital RI

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 23 Nov 2021 19:08 WIB
Lintas Teknologi Indonesia
5G Hingga AI Jadi Solusi Tingkatkan Ekonomi Digital RI. Foto: Istimewa
Jakarta -

Ekonomi digital menjadi salah satu motor andalan dalam pemulihan ekonomi nasional yang saat ini dilanda pandemi. Pemanfaatan teknologi, mulai dari 5G, kecerdasan buatan, hingga cloud jadi keniscayaan.

President Director Lintas Teknologi Indonesia (LTI) Muhamad Faisol mengatakan bahwa saat ini ketersediaan teknologi semakin luas, seperti mobile, Artificial Intelligence (AI), cloud, analytic, dan big data secara dramatis mengubah kehidupan: kerja sampai interaksi satu sama lain.

"Industri telekomunikasi berperan penting dalam memungkinkan revolusi digital berlangsung di sekitar kita. Ada lima sektor yang terpengaruhi revolusi digital, antara lain industri media dan entertainment, electricity, logistik, otomotif, dan e-Commerce,m" ujar Faisol dalam diskusi virtual, Selasa (23/11/2021).

Jaringan 5G yang belum lama ini menyapa Indonesia juga berperan penting, yang nantinya akan turut berkontribusi pada ekonomi negara.

"Tentunya jaringan 5G akan banyak peluang bisnis di dunia enterprises atau B2B, sehingga investasi dalam mengelar 5G ini benar-benar menjadi kebangkitan ekonomi secara masif," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Aftech, Pandu Sjahrir mengatakan, Indonesia adalah salah satu yang terbaik dan kondusif dari sisi iklim digital secara global. Sebab, dari sisi pertumbuhan yang sangat besar dan pasar yang potensial dibanding negara lain.

Kemudian perusahaan teknologi yang melantai bursa juga dinilai sinyal positif. Hal itu akan menarik investor untuk masuk ke pasar teknologi yang berujung berkembangnya ekonomi digital di Indonesia.

"Dengan besarnya potensi digital Indonesia, kita perlu mengedukasi masyarakat dan meningkatkan literasi digital masyarakat agar masyarakat terdorong untuk melakukan transaksi secara digital," tutur Pandu.

"Faktor lain kita juga perlu meningkatkan infrastruktur digital agar konektivitas digital semakin meningkatkan hingga dapat mendorong tumbuhnya ekonomi digital di Indonesia," pungkasnya.

LTI mengadakan Lintas Teknologi Solutions Day 2021 secara virtual. Dalam ajang bertajuk "How Digital Ecosystem Will Shape The Future of Business" ini menghadirkan Menkominfo Johnny G Plate, pelaku industri CEO XL Dian Siswarini, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Ketua Umum Aftech.

Lintas Teknologi Solutions Day 2021 ini menyuguhkan update teknologi dan inovasi terkini mengenai industri ICT.



Simak Video "Strategi GoPay Dorong Transaksi Non Tunai di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)