El Salvador Mau Bikin Kota Bitcoin

El Salvador Mau Bikin Kota Bitcoin

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 22 Nov 2021 12:12 WIB
A man holds a sign with a message that reads in Spanish;
El Salvador Mau Bikin Kota Bitcoin (Foto: AP/Salvador Melendez)
Jakarta -

Presiden El Salvador Nayib Bukele berencana membangun kota Bitcoin di negara tersebut, yang akan memanfaatkan energi panas bumi dari gunung berapi.

Kota bitcoin ini akan dibangun di Provinsi La Union dan memanfaatkan energi termal dari Gunung Conchagua untuk memberi tenaga ke penambangan bitcoin, demikian dikutip detikINET dari BBC, Senin (22/11/2021).

Presiden Bukele menjanjikan kalau kota itu tak cuma dijadikan basis penambangan Bitcoin, melainkan juga dilengkapi semua fasilitas layaknya kota lain.

"Area perumahan, area komersial, layanan publik, museum, hiburan, bar, restoran, bandara, pelabuhan, rel kereta api, dan semuanya yang dikhususkan untuk Bitcoin," ujar presiden berusia 40 tahun itu.

Menurut Presiden Bukele, ia tak akan membebankan pajak pemasukan di kota tersebut, hanya pajak pertambahan nilai. Meski belum menyebut kapan kota itu akan mulai dibangun, namun ia memperkirakan pembangunan infrastruktur publik di kota tersebut akan menghabiskan 600 ribu Bitcoin, di mana saat ini satu Bitcoin nilainya adalah USD 60 ribu.

Pada September lalu, El Salvador resmi menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di negara itu, bersama dengan Dollar Amerika Serikat. Untuk menarik para warganya agar mau mengadopsi Bitcoin, El Salvador juga merilis aplikasi dompet digital, di mana para warganya yang menggunakan akan mendapat Bitcoin senilai USD 30.

Meski Presiden Bukele adalah sosok yang disukai publik, banyak warga yang skeptis terhadap keputusannya terkait Bitcoin. Masalahnya, nilai tukar Bitcoin sangat fluktuatif, bisa turun sangat dalam ataupun melonjak sangat tinggi.

Namun sejauh ini mereka di El Salvador juga bisa menghasilkan keuntungan dari Bitcoin. Keuntungan tersebut salah satunya diklaim akan dipakai untuk membangun 20 sekolah.

Presiden Bukele pada awal November lalu mengumumkan kalau pemerintah akan membangun 20 sekolah dari keuntungan Bitcoin, yang ia umumkan saat meresmikan pembangunan rumah sakit hewan yang juga didanai dari cuan Bitcoin.



Simak Video "El Salvador Negara Pertama yang Jadikan Bitcoin Alat Pembayaran Sah"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)