'Kesalahan' Bill Gates Sehingga Tumbang Sebagai Orang Terkaya

'Kesalahan' Bill Gates Sehingga Tumbang Sebagai Orang Terkaya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 20:00 WIB
FILE - In this Feb. 9, 2019, file photo, Bill Gates, chairman of the Bill & Melinda Gates Foundation, attends the
Andai Tak Jual Saham Microsoft, Kekayaan Bill Gates Bisa Tembus Rp 9.800 Triliun Foto: AP/Samuel Habtab
Jakarta -

Bill Gates tak lagi menjadi orang terkaya di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Andai Gates tak menjual sahamnya di Microsoft, ia bisa kembali memuncaki daftar orang terkaya di dunia dengan mudah.

Seperti diketahui, Gates saat ini merupakan orang terkaya keempat di dunia versi Forbes dengan total kekayaan sebesar USD 138,5 miliar. Posisinya di bawah Bernard Arnault (USD 195,3 miliar), Jeff Bezos (USD 201,5 miliar), dan Elon Musk (Rp 304,3 miliar).

Berdasarkan analisis Bloomberg, pada September 1998 Gates memiliki 2,06 miliar saham Microsoft saat perusahaan software tersebut menjadi perusahaan paling berharga di dunia untuk pertama kalinya.

Tapi pada tahun 2020, Gates menjual sebagian besar sahamnya saat ia meninggalkan jabatannya di dewan direksi Microsoft. Sejak saat itu pria berusia 66 tahun ini memilih fokus pada kegiatan amalnya.

Belum lama ini, tepatnya pada 29 Oktober lalu, Microsoft kembali menjadi perusahaan paling berharga di dunia dan mengambil alih posisi yang sebelumnya dipegang oleh Apple. Kapitalisasi Microsoft saat ini mencapai USD 2,49 triliun atau Rp 35.429 triliun.

Jika Gates saat ini masih memiliki saham tersebut, nilainya saat ini bisa mencapai USD 693 miliar atau lebih dari Rp 9.800 triliun. Artinya, kekayaan Gates bisa melebihi jumlah kekayaan Musk dan Bezos jika digabungkan, seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (9/11/2021).

Dengan jumlah kekayaan tersebut, Gates tentu bisa melangkahi Musk sebagai orang terkaya di dunia dengan jarak yang cukup jauh. Tapi tentu ini hanya analisis semata.

Sementara itu, Musk diprediksi akan menjadi triliuner pertama di dunia. Triliuner di sini tentunya dalam hitungan mata uang dolar Amerika Serikat atau tembus USD 1.000 miliar.

Pada saat ini, kekayaan Elon memang banyak disumbangkan oleh perusahaan mobil listrik Tesla yang ia pimpin. Namun di masa depan, perusahaannya yang lain yaitu SpaceX bisa jadi akan memberikan lebih banyak uang seiring melesatnya bisnis luar angkasa.



Simak Video "Beredar Kabar Bill Gates Selingkuh dengan Staf Microsoft"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)