Pencipta Uang Kripto Squid Game Bawa Kabur Jutaan Dolar

Pencipta Uang Kripto Squid Game Bawa Kabur Jutaan Dolar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 02 Nov 2021 18:30 WIB
Terjemahan Squid Game di Netflix Memicu Kontroversi di Dunia Daring
Pencipta Mata Uang Kripto Squid Game Bawa Kabur Jutaan Dolar Foto: ABC Australia
Jakarta -

Mata uang kripto yang dibuat mengikuti meme atau memecoin kini semakin banyak, salah satunya koin Shiba Inu yang nilainya sempat naik 960% dalam sebulan. Kini ada mata uang kripto Squid Game, yang sayangnya berujung penipuan.

Koin ini tentu saja diluncurkan sambil memanfaatkan popularitas serial Squid Game yang tayang di Netflix. Tapi mata uang kripto ini tidak memiliki hubungan resmi dengan kreator Squid Game atau Netflix.

Pada 26 Oktober lalu, koin $SQUID diluncurkan oleh penciptanya dan dalam hitungan hari nilainya langsung melonjak. Saat diluncurkan nilainya hanya 12 sen, tapi pada Senin kemarin, nilainya sempat mencapai angka USD 2.800.

Tapi, seperti kebanyakan memecoin asal-asalan lainnya, $SQUID tiba-tiba crash. Dalam hitungan menit, angkanya anjlok ke USD 0,005.

Ternyata $SQUID merupakan bentuk penipuan. Penciptanya melakukan apa yang disebut sebagai 'rug pull', di mana si kreator menguras semua dana investor yang berjumlah jutaan dolar dan menghilang secara tiba-tiba.

Situs koin Squid Game dan akun Medium-nya ikut menghilang. Akun Twitter mereka juga dihapus karena 'aktivitas yang mencurigakan', seperti dikutip dari Cnet, Selasa (2/11/2021).

Saat pertama kali diluncurkan, mata uang kripto Squid Game memang sudah terlihat mencurigakan. Situsnya 'SquidGame.cash' baru didaftarkan tidak lama sebelum diluncurkan. Akun media sosialnya di Twitter dan Telegram membatasi balasan dari pengguna sehingga tidak bisa berinteraksi.

Tapi 'red flag' terbesarnya adalah peringatan dari CoinMarketCap kepada investor kalau mereka akan kesulitan mencairkan koinnya. Dengan kata lain, begitu investor membeli koin ini mereka tidak bisa menjualnya kembali dengan mudah.

Parahnya ini merupakan 'fitur' yang tertulis dalam whitepaper Squid Game. Fitur ini disebut sebagai protokol 'anti-dump' untuk memastikan pertumbuhan yang sehat.

Token Squid Game awalnya sempat akan dijadikan koin eksklusif untuk game online 'play-to-earn', di mana pemegang koin akan memainkan game seperti yang ada di serial itu. Di akhir game, pemenangnya akan membawa pulang hadiah bonusnya.

(vmp/fyk)