Kalau PPKM Sudah Selesai, UMKM Lanjut Online atau Offline?

Kalau PPKM Sudah Selesai, UMKM Lanjut Online atau Offline?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 07 Sep 2021 17:15 WIB
Pemberlakuan PPKM Darurat diperpanjang. Meski begitu, Jokowi akan melonggarkan PPKM Darurat pada 26 Juli 2021 mendatang bila kasus COVID-19 di RI menurun.
Ilustrasi keadaan PPKM di Indonesia. Foto: Antara Foto
Jakarta -

Penurunan kasus COVID-19 di Indonesia membuat harapan PPKM selesai makin besar. Angka penurunan kasus dinilai dikarenakan penggencaran vaksinasi dan PPKM yang baik. Kalau sudah kembali normal, digitalisasi UMKM bakal terus dilanjutkan tidak nih, Pak Sandiaga Uno?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa pemerintah masih mengusahakan digitalisasi UMKM. Bahkan di 2024, targetnya adalah 30 juta UMKM on board pada platform online.

"COVID-19 memaksa kita untuk meningkatkan keterampilan dari sisi kemampuan bertahan, bukan hanya jadi online. Pengusaha belajar konten-konten yang bisa mengangkat peluang. Bukan hanya bersaing tapi juga berkolaborasi. Ini mengubah perspektif 43 juta pekerja yang menggantungkan their lives and well being ke sektor pariwisata," katanya.

Di sela acara 'Mengoptimalkan Kontribusi Startup Sebagai Enabler Digitalisasi UMKM/Bisnis Rumahan Melalui Pendayagunaan Cloud' dari Amazon Web Services (AWS), Selasa (7/9/2021), Sandiaga menekankan peranan pemerintah sangat besar. Digitalisasi UMKM butuh difasilitasi. Pemerintah mengupayakan hal-hal yang bisa membantu proses transformasi.

"Ini yang kita bidik dengan pelatihan dan inkubasi. Target kita 2024 to onboard sudah 50% dari 30 juta yang masuk ekosistem digital," tuturnya.

Jadi, meskipun PPKM selesai, rencana digitalisasi UMKM akan terus dilanjutkan.

"Di sini kita akan menemukan pandemic winners, bukan sekadar anak muda yang hanya ngikutin jejak Achmad Zaky atau Nadiem. Apalagi, data Wearesocial menunjukkan 80% lebih pengguna internet menggunakan platform online untuk sesimpel ordering food sampai baju dan kebutuhan sehari-hari," lanjut Sandiaga.

Kini startup sudah mulai jeli, ada health tech, agriculture tech, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan teknologi yang lebih efisien dan sesuai tujuan bagi pemangku kepentingan, pilihan digitalisasi bisa jadi hal terbaik.

"Generasi muda yang akan membawa perubahan ini. Mendorong kita semakin mempercepat disrupsi termasuk pemerintah yang harus bisa memberikan solusi," tandasnya.



Simak Video "PPKM Diperpanjang, Simak Perbedaan Syarat Berkendara Level 2, 3 dan 4"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)