Tokopedia Dukung Pemkot Depok Dorong UMKM Lokal Go Digital

Tokopedia Dukung Pemkot Depok Dorong UMKM Lokal Go Digital

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Kamis, 26 Agu 2021 12:00 WIB
Logo Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia ikut berkolaborasi dalam penyelenggaraan Depok Virtual Expo yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Tokopedia mendukung UMKM di Depok untuk go digital dengan memasarkan produknya di marketplace.

Event tersebut diselenggarakan Pemkot Depok agar para UMKM dengan cepat beradaptasi ke dunia digital, sehingga keterbatasan pasar akibat pandemi dapat teratasi. Kolaborasi Pemkot Depok dengan Tokopedia juga akan dilanjutkan dengan pendampingan pasca event.

Lewat Depok Virtual Expo, Pemkot Depok mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi produk-produk lokal. Komitmen pemerintah ini di perkuat dengan Surat Edaran Walikota tentang belanja produk UMKM Kota Depok. Pemkot mendorong para ASN untuk membeli produk UMKM serta memberikannya kepada pasien COVID-19 yang tengah isoman.

Surat Edaran tersebut akan dilanjutkan pada surat edaran berikutnya untuk memperkuat serta mendorong langkah 'Bela Produk Lokal' lebih luas lagi yang bukan hanya menyasar para ASN juga masyarakat umum.

Pemkot Depok juga mendukung UMKM untuk go nasional dan global. Hal ini diwujudkan dengan memfasilitasi UMKM mendapatkan perizinan yang lengkap baik itu PIRT, sertifikat halal, serta Izin edar. Dengan perizinan yang lengkap diharapkan UMKM akan mampu bersaing di tingkat nasional.

Depok Virtual Expo bukan hanya menargetkan para UMKM binaan yang sudah berjalan, tapi juga untuk melahirkan wirausaha baru. Hal tersebut merupakan salah satu upaya Pemkot Depok untuk mengatasi keterbatasan lapangan pekerjaan. Kegiatan ini melengkapi program 5000 wirausaha baru dan 1000 perempuan pengusaha yang telah menjadi program andalan Pemkot Depok.

Dalam acara virtual ini, akan diselenggarakan Startup Bisnis Competition untuk mencari talenta-talenta muda yang memiliki ide bisnis namun bingung bagaimana mengimplementasikannya. Pemenang Start up Bisnis Competition akan mendapatkan bantuan modal serta akan memperoleh pendampingan dari para profesional.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan langkah yang diambil Pemkot Depok untuk pengembangan UMKM sejalan dengan kampanye Hyperlocal Tokopedia. Bersama Pemkot Depok, Tokopedia ingin mendorong UMKM lokal memperluas jangkauan pasar.

"Kolaborasi antara Tokopedia dengan Pemkot Depok menjadi bagian dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang memungkinkan masyarakat dari seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan sama, mulai dari menemukan berbagai produk kebutuhan dengan mudah hingga menciptakan peluang usaha, termasuk di tengah pandemi. Hal ini berangkat dari komitmen kami untuk fokus go local demi mendorong pertumbuhan ekonomi digital di daerah," ujar Astri dalam keterangan tertulis, Kamis (26/8/2021).

"Para pegiat usaha yang tergabung dalam gelaran Depok Virtual Expo merupakan bagian dari lebih dari 11 juta penjual di Tokopedia, dimana hampir 100%nya nya adalah UMKM bahkan 94% berskala ultra mikro," imbuhnya.

Astri berharap para pegiat usaha lokal, termasuk UMKM Depok, bisa memperoleh kemudahan untuk menjaga keberlangsungan bisnis di tengah pandemi demi berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia, sekaligus mendorong semakin banyak masyarakat untuk bangga dengan produk buatan Indonesia.



Simak Video "Tokopedia Gaet Pengusaha Warung Lewat Aplikasi Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)