Produk Teknologi Jadi Favorit, Tokopedia Gandeng Brand Lokal

Produk Teknologi Jadi Favorit, Tokopedia Gandeng Brand Lokal

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 10 Agu 2021 17:30 WIB
Ilustrasi Tokopedia
Produk Teknologi Jadi Favorit, Tokopedia Bikin Kampanye Gandeng Brand Lokal Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta -

Tokopedia menggandeng brand teknologi lokal untuk kampanye terbarunya bernama Tokopedia Tekno. Kampanye ini diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional sekaligus menanggapi semakin populernya transaksi produk teknologi di platform e-commerce tersebut.

"Kami melihat penjualan kategori elektronik menjadi salah satu kategori favorit masyarakat selama kuartal dua 2021," kata Head of Category Development Tokopedia Fransiscus Leo Chandra dalam konferensi pers virtual, Selasa (10/8/2021).

"Kami melihat produk-produk yang paling populer di dalam Tokopedia Tekno ini seperti earphone, speaker, mouse, charger dan tripod handphone merupakan lima produk favorit di Tokopedia Tekno selama kuartal dua 2021," sambungnya.

Wilayah dengan transaksi kategori teknologi tertinggi masih berada di Pulau Jawa, terutama Jabodetabek. Tapi Tokopedia mencatat kenaikan transaksi yang signifikan di Kalimantan dan Indonesia Timur.

Tokopedia Tekno akan melibatkan brand teknologi lokal seperti vendor ponsel Advan dan produsen lampu In-Lite LED. Leo mengatakan produk yang ditampilkan di Tokopedia Tekno telah dikurasi dan dipastikan keasliannya sehingga bisa membuat konsumen merasa aman saat membeli barang.

Selain itu, Tokopedia Tekno juga memberikan jaminan harga murah bagi konsumen. Jika konsumen menemukan produk serupa dengan harga yang lebih murah di platform lain, Tokopedia akan memberikan benefit berupa gift card yang bisa digunakan oleh konsumen untuk belanja lagi di Tokopedia.

"Jadi pembeli dapat melakukan klaim lewat form yang ada di halaman campaign Tokopedia Tekno. Di dalam halaman itu ada syarat dan ketentuan yang bisa dicek," jelas Leo.

"Kalau pembeli sudah masuk ke halaman campaign dan submit klaim, tim kami akan mengecek jika ada harga yang lebih murah dari yang ditawarkan Tokopedia maka pembeli berhak mendapatkan Tokopedia gift card," imbuhnya.

Advan sebagai salah satu brand teknologi lokal yang digandeng dalam kampanye Teknologi Tekno menaruh harapan besar terhadap program ini. CEO Advan Chandra Tansri mengatakan dukungan dari Tokopedia diharapkan bisa membantu Advan dan brand lokal lainnya bersaing dengan brand global yang lebih besar.

"Dan saat seperti ini kita semua paham bisnis itu yang kita bisa jalankan untuk saat ini adalah lewat e-commerce," kata Chandra dalam kesempatan yang sama.

"Semoga Tokopedia bisa mendukung brand lokal, mungkin supportnya bisa lebih besar dari brand global yang sudah besar. Maka kita bisa ikut tumbuh efeknya," pungkasnya.



Simak Video "Tren Transaksi Tokopedia di Papua Meningkat di Kuartal II 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)