Harga Laptop Chromebook Lokal Mahal, Ini Penyebabnya - Halaman 2

Harga Laptop Chromebook Lokal Mahal, Ini Penyebabnya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 03 Agu 2021 15:41 WIB

Harga Chromebook-nya bisa lebih murah

Sementara itu Timothy Siddik, CEO Zyrex, menjelaskan bahwa harga produknya yang ada di e-katalog LKPP adalah harga tertinggi. Menurutnya, harga saat transaksi bisa saja lebih rendah dari harga yang dipajang.

"Dan ingat sesuai dengan sistem e-katalog yang sekarang ini, maka harga yang di LKPP masih bisa dinegosiasikan pada saat pembelian. Jadi harga yang tertera di sana adalah harga tertinggi, sehingga harga transaksi sebenarnya bisa lebih rendah dari yang ditayangkan," ujar Timothy pada detikINET.

Timothy pun menegaskan biaya pengiriman ke daerah 3T yang juga berdampak pada harga produk yang dipajang di e-katalog. Juga software Chrome Device Management.

"Harga ini sudah termasuk Chrome Device Management Software dan biaya pengiriman yang tidak murah ke sekolah sekolah yang berada di daerah 3T - Tertinggal, Terbelakang dan Terluar (Perbatasan) serta biaya layanan purna jual ke daerah-daerah 3T ini," tambahnya.

Ia juga mengeluhkan harga komponen laptop yang mengalami kenaikan drastis akibat kelangkaan chip yang terjadi secara global.

"Namun jika anda melihat ada harga laptop merek apapun yang lebih murah di tahun lalu dibandingkan dengan harga laptop di tahun ini, maka ini dikarenakan adanya kenaikan harga yang drastis terhadap komponen di dunia, di mana beberapa komponen naiknya sudah mencapai 100% dari sebelumnya," keluh Timothy.

(asj/fay)