Penjualan iPhone Melonjak 50% Jelang Peluncuran iPhone 13

Penjualan iPhone Melonjak 50% Jelang Peluncuran iPhone 13

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 28 Jul 2021 19:00 WIB
iPhone 12 series
Penjualan iPhone Melonjak 50% Jelang Peluncuran iPhone 13 Foto: Sina Mobile
Jakarta -

Apple kembali menikmati periode yang memuaskan di kuartal ketiga tahun 2021. Mereka mencatat pendapatan sebesar USD 81,4 miliar, yang hampir separuhnya disumbangkan oleh penjualan iPhone.

Dalam laporan keuangannya untuk Q3 2021, Apple mengatakan penjualan iPhone dalam tiga bulan terakhir mencapai USD 39,6 miliar. Angka ini menunjukkan kenaikan 50% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Kenaikan ini cukup mengejutkan mengingat biasanya penjualan iPhone di musim panas mulai melemah karena konsumen lebih memilih menunggu iPhone baru yang diluncurkan di musim gugur. Apple sendiri dirumorkan akan mengumumkan iPhone 13 di bulan September, tidak terlambat seperti peluncuran iPhone 12.

Total pendapatan USD 81,4 miliar ini menunjukkan kenaikan 36% ketimbang tahun lalu. Dari total pendapatan itu, Apple mencatatkan laba USD 21,7 miliar, hampir dua kali lipat dari periode yang sama di tahun lalu.

"Kuartal ini, tim kami membangun periode inovasi yang tidak tertandingi dengan berbagi produk baru dengan pengguna kami, di saat menggunakan teknologi untuk terhubung dengan orang di mana saja menjadi sangat penting," kata CEO Apple Tim Cook dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Cnet, Rabu (28/7/2021).

Bisnis Apple lainnya juga mencatat performa yang memuaskan. Penjualan iPad mengalami kenaikan 12% dengan total USD 7,4 miliar, sedangkan Mac mencatat penjualan sebesar USD 8,23 miliar atau naik 16% dibandingkan periode yang sama di tahun 2020.

Perangkat wearable, rumah pintar dan aksesoris juga mengalami kenaikan hingga 36% dan mencatat penjualan sebesar USD 8,8 miliar. Bisnis layanan Apple seperti Apple TV+, iCloud, Arcade dan lain-lain meraup USD 17,5 miliar atau naik hampir 33%.

Meski bisnisnya tetap tumbuh di tengah pandemi dan krisis chip, Cook memperkirakan bisnis Apple akan sedikit goyah di kuartal berikutnya. Tapi ia tidak memberikan perkiraan bagaimana faktor-faktor ini akan mempengaruhi penjualan Apple di kuartal berikutnya.

"Dari segi kendala pasokan dan berapa lama ini akan bertahan. Saya tidak ingin memprediksi itu saat ini," kata Cook dalam panggilan dengan analis.

"Kami akan menjalaninya per satu kuartal dan, seperti yang Anda duga, kami akan melakukan apa yang kami bisa untuk mengatasi situasi apapun yang kami hadapi," pungkasnya.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)