Target Panjang Tokopedia, dari Toserba Hingga Jadi Super Ecosystem - Halaman 2

Target Panjang Tokopedia, dari Toserba Hingga Jadi Super Ecosystem

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Rabu, 07 Jul 2021 17:05 WIB
Kantor Pusat Tokopedia
Kantor Tokopedia. Foto: dok. Tokopedia

Digitalisasi Warung Tradisional

UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Hal ini dipahami Tokopedia yang ingin membawa UMKM hingga pedagang tradisional ke ranah digital melalui aplikasi Mitra Tokopedia.

"Warung tradisional merupakan salah kekuatan ekonomi rakyat yang paling riil di Indonesia. Tokopedia bertekad untuk menjadi jembatan penghubung antara dunia online dan offline dengan membawa para pedagang tradisional ini ke ranah digital lewat aplikasi Mitra Tokopedia," ujarnya.

Melalui layanan online-to-offline ini, Nuraini menyebut Tokopedia telah memberdayakan jutaan pedagang offline di lebih dari 500 kecamatan di seluruh Nusantara untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam memperluas akses kepada barang dagangan. Untuk bisa merangkul para mitra UMKM dan pelaku usaha lainnya untuk go digital tentunya punya tantangan tersendiri.

"Kami terus gencar melakukan edukasi untuk dapat merangkul lebih banyak pedagang tradisional agar bisa merasakan manfaat dari digitalisasi melalui inisiatif Sobat Mitra-representatif dari Tokopedia yang bertugas untuk membina, memberikan informasi, mengedukasi, serta memberikan solusi kendala kepada para Mitra Tokopedia," ujarnya.

"Pendekatan yang kami lakukan ini pun berbasis komunitas agar dapat lebih efektif untuk menjangkau para pelaku UMKM," pungkasnya.

(ncm/ncm)