Kecanggihan Verifikasi Biometrik yang Bisa Deteksi Wajah Meski Pakai Masker

Kecanggihan Verifikasi Biometrik yang Bisa Deteksi Wajah Meski Pakai Masker

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 03 Jul 2021 17:15 WIB
Teknologi biometrik besutan perusahaan Indonesia, PT Akurat Satu Indonesia (Akurat Satu) berhasil menembus ranking 25 besar dengan algoritma tercepat dan terakurat di dunia.
Kecanggihan Teknologi Biometric Verification, Bisa Deteksi Wajah Meski Pakai Masker. Foto: Akurat Satu
Jakarta -

Di era digital seperti sekarang, teknologi biometric verification dan liveness detection bisa diandalkan untuk memperlancar proses digitalisasi.

Chief Operating Officer PT Asli Rancangan Indonesia (Asli RI), Rionald A. Soerjanto mengungkapkan, kecanggihan biometric verification dapat memverifikasi wajah seseorang meskipun menggunakan masker sekalipun.

Teknologi biometric verification bahkan sudah diakui dengan mengantongi sertifikasi dari The National Institute of Sandar Technology (NIST) yang berasal dari Amerika Serikat.

Sementara, liveness detection dilengkapi fitur tes liveness aktif dan pasif. Rionald menyebutkan fitur tersebut kemungkinan adanya pemalsuan identitas akan sangat kecil terjadi.

Rionald mengatakan, implementasi biometric verification dan liveness detection merupakan keniscayaan sebagai benteng keamanan perusahaan. Kecanggihan itu jadi daya tarik PT Bank Mega Syariah yang kemudian menjalin kerjasama dengan Asli RI.

Dalam kesepakatan tersebut, Bank Mega Syariah akan menerapkan teknologi biometric verfication dan liveness detection pada aplikasi M-Syariah untuk otomatisasi proses verifikasi calon nasabah, serta akuisisi nasabah tanpa tatap muka alias dilakukan secara online.

M-Syariah adalah aplikasi yang akan memberikan kemudahan transaksi finansial, seperti pembukaan rekening secara online tanpa harus mengunjungi kantor cabang maupun video call.

"Tidak perlu datang ke cabang, video call, mengisi data pembukaan rekening. Insya Allah kurang dari lima menit langsung punya rekening tabungan berkah digital iB," ujar Slamet Riyadi, Operation & Transformation Director Bank Mega Syariah dalam siaran persnya.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan transaksi, mulai dari transfer, pembayaran, pembelian, bahkan melakukan zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf melalui aplikasi M-Syariah ini.

Adapun, implementasi sistem biometric verification besutan Asli RI dijanjikan mempermudah proses verifikasi identitas nasabah baru. Sedangkan, kemampuan liveness detection akan menggantikan proses video banking pada aplikasi M-Syariah.

Teknologi Asli RI tersebut dinilai mumpuni untuk mendukung dan menyediakan keamanan, serta kemudahan dalam proses bisnis di Bank Mega Syariah. Hanya perlu melakukan foto selfie KTP dan melakukan liveness detection untuk melakukan proses onboarding.



Simak Video "Kegigihan Asri Welas Ingin Pertunjukan Tari Bisa Dinikmati Secara Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/asj)