Huawei Bakal Produksi Chipset di Wuhan

Huawei Bakal Produksi Chipset di Wuhan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 28 Jun 2021 19:10 WIB
Huawei Technologies Co. Ltd di China merupakan produsen telekomunikasi terbesar di dunia. Penasaran dengan isi dari pabrik raksasa tersebut?
Ilustrasi pabrik Huawei di China. Foto: Kevin Frayer/Getty Images.
Jakarta -

Setelah disebut membangun pabrik chipset di Wuhan, China, pada akhir 2020 lalu, kini Huawei disebut akan mulai memproduksi chip di pabrik tersebut.

Chip Kirin ini diproduksi oleh proyek Huawei yang bernama 'HiSilicon Factory'. Proyek yang pertama dimulai pada 2019 ini Huawei sudah menginvestasikan uang sebanyak 1,8 miliar yuan, dan diperkirakan akan balik modal pada 2022 mendatang.

Nah, beberapa sumber dari industri menyebut Huawei bakal memulai produksi 'wafer fab' sendiri di Wuhan. Produksinya diperkirakan akan dimulai pada 2022 mendatang.

HiSilicon sebelumnya memang sudah mampu mendesain chip kencang dengan pabrikasi 5nm seperti Kirin 9000. Namun produksinya masih dilakukan oleh TSMC, yang kini tak lagi memproduksi chip untuk Huawei karena mereka ada dalam Entity List milik pemerintah Amerika Serikat.

Belum jelas apakah pabrik chip HiSilicon itu bakal mampu memproduksi chip dengan pabrikasi 5nm. Karena sejauh ini baru TSMC dan Samsung yang bisa memproduksi chip dengan pabrikasi 5nm.

Namun yang jelas pabrik Huawei itu disebut bakal memproduksi chip dan modul komunikasi optik dan mendesain microcircuit sendiri. Saat ini pabriknya sendiri mempunyai lebih dari 10 ribu pegawai yang bertugas melakukan riset dan pengembangan di berbagai aspek, sepeti chip, radar laser, dan model modul komunikasi optik.

Selain itu, pabrik di Wuhan tersebut juga disebut sebagai satu-satunya pabrik di China yang bisa mengembangkan chipset DSP optik yang koheren.

Pabrik di Wuhan tersebut bernama Wuhan Huawei Optical Factory Project, dan dibangun di atas lahan seluas 208 ribu meter persegi. Fasilitas ini juga menjadi basis riset dan pengembangan terbesar Huawei di China. Mereka pun berencana membangun pabrik chipset lain, yang bakal berlokasi di Shanghai.



Simak Video "China Heran, WHO 'Ngotot' Investigasi Lagi Asal-usul Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)