Gandeng Luna Maya, Binance Buka Marketplace NFT

Gandeng Luna Maya, Binance Buka Marketplace NFT

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 27 Jun 2021 10:10 WIB
Ilustrasi Binance
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Binance membuka Binance NFT Marketplace yang membuat seniman dan kolektor melakukan jual beli seni digital NFT, dan mereka menggandeng Luna Maya pada peluncurannya ini.

Menciptakan karya seni digital menjadi tren populer di kalangan seniman di seluruh dunia. Baru-baru ini, sebuah karya digital berjudul Every Day - First 5000 Days terjual dengan nilai hampir mencapai Rp 1 triliun di salah satu rumah lelang seni terkemuka di dunia, Christie's. Karya ini merupakan sebuah aset NFT yang menggunakan teknologi blockchain.

NFT, atau Non-Fungible Token, pada dasarnya adalah token yang tidak dapat direplikasi dan tidak dapat diganti. Oleh karena itu, sebuah karya seni NFT selalu unik dan dapat diautentikasi dengan teknologi blockchain melalui sertifikat keaslian dan kepemilikan yang tidak dapat diubah.

Pembeli dapat melacak kembali kepemilikan dari sebuah NFT ke pencipta tanpa perantara atau rumah lelang untuk mengkonfirmasi. Peluncuran Binance NFT Marketplace menciptakan ekosistem bagi pencipta dan kolektor untuk lebih dekat dan berdagang dengan lebih mudah.

Pengguna dapat dengan mudah memasukkan NFT ke Marketplace dan memilih untuk menjual atau melelang NFT dengan biaya minimal. Binance membebankan biaya pemrosesan yang sangat rendah sebesar 1% - dan pencipta atau penyetor akan menerima biaya loyalitas 1% untuk semua transaksi berikutnya.

"Tujuan Binance NFT adalah untuk menyediakan platform perdagangan NFT terbesar di dunia dengan pengalaman penerbitan, pembelian, dan perdagangan terbaik berkat infrastruktur blockchain dan komunitas Binance," ujar Rexy Fayed, perwakilan Binance di Asia Tenggara, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Pada peluncuran awal ini, Binance juga mengumumkan proyek 100 Creators. Program 100 Creator dibuat untuk menginspirasi dan mengidentifikasi bakat kreatif di seluruh dunia dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi karya dengan kolektor dan penggemar NFT di seluruh dunia.

100 artis yang akan meluncurkan karyanya berasal dari berbagai negara seperti Prancis, Jerman, Italia, Cina, Rusia, Singapura, Indonesia, Meksiko, Inggris, Turki, Spanyol, Jepang, Thailand, Filipina dan Malaysia.

Pada peluncuran Binance NFT Marketplace, Binance juga berkolaborasi dengan tokidoki untuk menawarkan beberapa karya spesial dari koleksi "tokidoki X Binance NFT All Stars Mystery Box Series 1".

Secara khusus, program ini juga diikuti 2 artis lokal Marco Melgrati dan Luna Maya. Marco Melgrati adalah ilustrator yang berasal dari Italia dan berkediaman di Bali. Karya-karya hasil Marco ini banyak menyuarakan protes terhadap kehidupan. Ia mengilustrasi sebagai media ekspresi untuk mengekspresikan protes terhadap hal-hal yang salah tentang masyarakat modern.

Sementara itu, Luna Maya adalah seorang aktris, model dan penyanyi yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Luna Maya, Binance ingin menunjukkan bahwa NFT tidak terbatas di seni gambar saja tapi juga mencakup berbagai media lain seperti musik, dan video.



Simak Video "Mantap! Tweet Pertama CEO Twitter Laku Rp 41 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/agt)