HUT DKI! 3 Produk Betawi Ini Paling Laris di Tokopedia

HUT DKI! 3 Produk Betawi Ini Paling Laris di Tokopedia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 22 Jun 2021 18:35 WIB
DKI Jakarta hari ini, Selasa (22/6) merayakan ulang tahun ke-494. Sejumlah ondel-ondel berukuran raksasa pun disiapkan untuk meriahkan HUT DKI Jakarta.
HUT DKI, ini tiga produk terlaris di Tokopedia -- khas Betawi, loh! Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Ulang tahun Jakarta ke-494, Tokopedia berbagi daftar produk khas Betawi yang paling laku. Hmm, kira-kira apa saja ya, dan ada yang termasuk barang dagangan kamu nggak ya, detikers?

Ekhel Chandra Wijaya External Communications Senior Lead Tokopedia dalam acara 'Virtual Media Briefing Tokopedia: Nyok Kite Lestarikan Budaya Betawi lewat Karya UMKM Lokal', Selasa (22/6/2021), mengatakan siapapun dapat merayakan dan mengapresiasi budaya manapun.

"Selama pandemi kita bisa mengapresiasi bisa lewat fashion, makanan dan atribut lainnya. Tren ini terlihat di Tokopedia di mana menurut data kami, pandemi meningkatkan rasa bangga buatan Indonesia," kata Ekhel.

"Spesifik budaya Betawi, yang populer ada tiga yaitu asinan sayur betawi, soto betawi dan celana batik harian Betawi, itu produk khas Betawi paling dicari 2020," sambungnya.

Tapi selain itu, ada juga produk berbau Betawi yang banyak dicari dan mengalami peningkatan kok. Sebut saja boneka ondel-ondel yang dijual oleh CariSouvenir. Ukrumah Suda sebagai perwakilan dari CariSouvenir mengatakan penjualan secara online ternyata bisa berdampak besar pada omzet.

"Souvenir ondel-ondel biasanya kami buat event, karena pandemi jadi ditiadakan otomatis mengalami penurunan. Dengan adanya Tokopedia, kami bisa promosi ke luar Jakarta. Kalau kita lakukan sendiri kan tidak mungkin ini bisa ke Batam sampai Surabaya," tuturnya.

Selain boneka ondel-ondel, beberapa produk pengembangan lainnya yang berbau Betawi juga laku. Di antaranya jam, tempat minum, alat musik, hingga keranjang yang sengaja dihias dengan ornamen Betawi.

Pemilik Tioria by Caramia Thekla Odelia Caramia juga membagikan pengalamannya. Sebagai seorang yang memang bergerak di bidang seni sejak lama hingga belajar ke luar negeri, Cara terinspirasi untuk mengembangkan produk Indonesia.

"Beberapa bulan kerja di Indonesia, saya usaha mulai dengan batik cap. Lama-lama berpikir harus ada satu lagi produk. Aku mikir apa yang aku sangat seneng dan aku kepikiran Jakarta. Waktu itu kepikiran kemacetan Jakarta. Setelah itu mikir, wah ada lagi nih ondel-ondel, asinan, Kota Tua dan banyak cerita yang seru dari Jakarta," ungkapnya.

Karena usahanya dimulai dari bazar ke bazar, saat pandemi datang, ia sedikit kesusahan hingga turun omzet sebanyak 75%. Tioria pun pindah ke digital. Setelah bergabung dengan Tokopedia, ia mengalami peningkatan hingga 3x lipat dibandingkan tahun lalu.

"Kita akan coba cari solusinya supaya ningkat terus, semoga bisa naik terus," harap Cara.



Simak Video "Tokopedia Dinobatkan Sebagai E-Commerce dengan Tampilan Terbaik"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)