Elon Musk Putar Otak Bikin Bitcoin Ramah Lingkungan

Elon Musk Putar Otak Bikin Bitcoin Ramah Lingkungan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 10:00 WIB
Elon Musk
Elon Musk Cari Cara Agar Bitcoin Lebih Ramah Lingkungan Foto: Instagram
Jakarta -

Elon Musk sedang mencari solusi agar penambangan Bitcoin bisa jadi lebih ramah lingkungan. Ia ikut terlibat dengan kelompok khusus untuk menyelesaikan masalah ini.

Dalam cuitannya, Musk mengatakan ia telah berbincang-bincang dengan CEO MicroStrategy Michael Saylor dan penambang Bitcoin terkemuka di Amerika Utara. Dari hasil pertemuan ini mereka membentuk Bitcoin Mining Council.

Musk mengatakan kelompok ini berkomitmen untuk menerbitkan rencana penggunaan energi terbarukan dan mendorong semua penambang Bitcoin di seluruh dunia untuk mengikuti langkahnya.

Menurut Saylor, kelompokn ini beranggotakan perwakilan dari Argo Blockchain, Blockcap, Core Scientific, Galaxy Digital, Hive Blockchain Technologies, Hut 9 Mining, Marathon Digital Holdings dan Riot Blockchain, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (26/5/2021).

Beberapa perusahaan di atas sudah mengungkapkan dukungannya terhadap rencana tersebut. Dalam cuitannya, Hut 8 Mining mengatakan mereka akan mengedukasi pasar bahwa penambangan mata uang kripto yang ramah lingkungan bisa dilakukan dan menjadi prioritas.

CEO Argo Blockchain Peter Wall dan Executive Chairman Marathon Digital Holdings Merrick Okamoto juga menyampaikan dukungan dan komitmennya untuk berkontribusi dalam penambangan Bitcoin yang berkelanjutan.

Setelah Musk mengumumkan keterlibatannya dalam kelompok ini, nilai Bitcoin langsung melonjak dari USD 38.074 menjadi USD 39.500. Secara keseluruhan nilai mata uang kripto ini naik 17% dalam 24 jam terakhir.

Beberapa bulan terakhir, Musk telah mengungkapkan kekhawatirannya akan dampak Bitcoin terhadap lingkungan. Karena kekhawatiran tersebut, salah satu perusahaannya, Tesla, tidak lagi menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran.

"Mata uang kripto adalah ide yang bagus dalam banyak level dan kami yakin itu memiliki masa depan yang menjanjikan, tapi ini tidak boleh memberikan dampak yang besar pada lingkungan,"cuit Musk saat itu.

Penambangan Bitcoin memang menggunakan tenaga listrik yang sangat besar karena mata uang digital itu harus ditambang menggunakan komputer yang haus energi. Bahkan salah satu estimasi memperkirakan konsumsi listrik dari penambangan Bitcoin tiap tahunnya setara dengan konsumsi listrik di Belanda.

Belum diketahui langkah apa yang akan diambil Musk dan kelompok penambang ini untuk menjawab masalah lingkungan akibat Bitcoin, apakah itu lewat perubahan di blockchain atau dengan carbon offsetting.



Simak Video "Elon Musk Setop Jual Tesla Pakai Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)