Asal-usul Nama Goto, Hasil Gojek-Tokopedia Merger

Asal-usul Nama Goto, Hasil Gojek-Tokopedia Merger

Tim - detikInet
Senin, 17 Mei 2021 13:51 WIB
Group GoTo
Foto: dok Group GoTo
Jakarta -

Gojek dan Tokopedia akhirnya merger, dan nama entitas barunya adalah GoTo. Ini bukan cuma singkatan dari kedua nama perusahaan tersebut, namun ada juga kepanjangannya yang lain.

Hal ini dijelaskan oleh William Tanuwijaya, co-founder dan CEO Tokopedia, lewat postingan di akun Instagramnya. Dalam caption tersebut William menjelaskan bahwa nama GoTo berasal dari singkatan Gojek dan Tokopedia.

Namun, ia juga menjelaskan kalau nama tersebut berasal dari kata gotong-royong, yang merupakan semangat di balik merger ini.

"Hari ini menjadi hari yang sangat bersejarah di dunia teknologi. Dua perusahaan teknologi terbesar di Indonesia telah resmi bersatu dalam payung yang sama bernama GoTo," tulis William.

"GoTo berasal dari singkatan Gojek dan Tokopedia, juga berasal dari kata gotong-royong, yang merupakan semangat di balik persatuan ini," tambahnya.

Selain itu, dalam video resmi yang diposting juga mempunyai judul, Go Far, Go Together.

[Gambas:Instagram]



Sebelumnya diberitakan, Gojek akhirnya resmi merger dengan Tokopedia menjadi GoTo. Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group, dengan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo.

Sedangkan, Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Selain tanggung jawab di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha.

"Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah dengan dibentuknya Grup GoTo serta menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya," tulis Andre Soelistyo, CEO GoTo dalam keterangan resminya.



Simak Video "Alibaba hingga Tencent Jadi Pemodal Merger Tokopedia dan Gojek"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)