Nasib Dogecoin: Tergantung Pom Pom Elon Musk

Nasib Dogecoin: Tergantung Pom Pom Elon Musk

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 16 Mei 2021 22:05 WIB
Elon Musk begitu vokal mendukung Dogecoin, cryptocurrency yang berawal dari meme anjing Shiba Inu. Tapi pernahkah terbersit di benakmu, mengapa Elon Musk sangat suka Dogecoin?

Pria yang dijuluki Iron Man di dunia nyata ini menjelaskan alasannya begitu tergila-gila dengan Dogecoin lewat balasan sebuah tweet dari netizen dengan username @VitoTheGreat_.
Elon Musk dan Dogecoin. Foto: Daily Express
Jakarta -

Dogecoin menjadi salah satu crypto incaran sejak Elon Musk mendukungnya mati-matian. Semua bahkan terkesan tergantung pada Musk, apakah harga dari Dogecoin bisa naik atau turun. Semua tergantung tweet-nya.

Baru-baru ini, Musk mencuitkan pada Kamis silam bahwa dia bekerja dengan pengembang dogecoin untuk meningkatkan efisiensi transaksi. Harga Dogecoin otomatis melonjak setinggi USD 0.56 Jumat pagi, menurut data Coin Metrics. Ini masih turun sekitar 20% dari rekor tertinggi hampir USD 0.67 seminggu yang lalu.


Kabar ini ia ungkapkan setelah bersikeras menolak Bitcoin sebagai pembayaran untuk produk Tesla miliknya. Itu menyebabkan aksi jual brutal dalam cryptocurrency, termasuk dogecoin. Dogecoin telah turun secara signifikan setelah penampilan Musk di Saturday Night Live, di mana dia menyebut koin digital itu sebagai 'hiruk pikuk'.

Perlu dicatat, kenaikan harga Dogecoin pada awal mula -- setelah stagnan sekian lama -- juga dikarenakan sebuah tweet dari CEO The Boring Company ini.

Sementara itu, platform pertukaran crypto Coinbase pada Kamis mengatakan akan menawarkan dukungan Dogecoin dalam enam hingga delapan minggu ke depan. Banyak pedagang kripto berbondong-bondong ke aplikasi investasi tanpa biaya Robinhood untuk memperdagangkan koin meme bergambar anjing Shiba Inu itu. Dengan adanya langkah dukungan dari Coinbase, hal ini dapat menyebabkan lebih banyak aktivitas perdagangan.

Meski begitu, Dogecoin tidak dianggap terlalu serius oleh pendukung setia Bitcoin. Tahun 2013, Dogecoin muncul sebagai lelucon, terinspirasi oleh meme 'Doge', tetapi sejak itu komunitas online-nya berkembang. Dogecoin sekarang adalah crypto terbesar keempat berdasarkan nilai pasar di CoinMarketCap, bernilai lebih dari USD 68 miliar.

Pakar keuangan memperingatkan bahwa Dogecoin adalah aset yang sangat spekulatif. Ini telah memicu kekhawatiran atas potensi gelembung di pasar crypto - meskipun beberapa ekonom akan mengatakan semua cryptocurrency berada dalam gelembung.

Masalahnya nih, detikers, kira-kira akan sampai kapan Dogecoin bergantung pada Elon Musk? Berapa lama CEO Tesla dan SpaceX ini akan mendukung Dogecoin to the moon?



Simak Video "Misi Elon Musk Bawa 'Dogecoin' ke Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)