Orang Singapura Dipilih Jadi CEO TikTok Global

Orang Singapura Dipilih Jadi CEO TikTok Global

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 10:35 WIB
LOS ANGELES, CA - AUGUST 01: A general view of the atmosphere during the TikTok US launch celebration at NeueHouse Hollywood on August 1, 2018 in Los Angeles, California. (Photo by Joe Scarnici/Getty Images)
Foto: Joe Scarnici/Getty Images
Jakarta -

TikTok punya bos baru pasca ditinggalkan Kevin Mayer. Menariknya, CEO TikTok yang terbaru ini adalah warga negara dari tetangga Indonesia.

Orang yang dimaksud adalah Shou Zi Chew yang merupakan warga negara Singapura resmi didapuk jadi CEO TikTok, sebagaimana dikutip dari Zdnet, Senin (3/5/2021). Penunjukan tersebut resmi diperkenalkan oleh ByteDance, induk perusahaan TikTok.

Di saat bersamaan, ByteDance juga mengumumkan Vanessa Pappas menduduki posisi Chief Operating Officer TikTok yang baru.

Pendiri dan CEO ByteDance Zhang Yiming mengatakan ditetapkan Chew dan Pappas ini untuk pertumbuhan berkelanjutan perusahaan.

"Dia akan menambah kedalaman tim, dengan fokus pada bidang-bidang termasuk tata kelola perusahaan dan inisiatif bisnis jangka panjang," ujar Zhang.

Penunjukan Chew dan Pappas disebut sebagai bagian dari reorganisasi perusahaan untuk mengoptimalkan strategi TikTok secara global, serta mendukung pertumbuhannya.

Chew diketahui baru saja bergabung dengan ByteDance pada Maret 2021 dengan menduduki Chief Financial Officer (CFO). Meski ditunjuk jadi Bos TikTok, jabatan CFO ByteDance masih akan dipegangnya.

Chew punya pengalaman kerja di Xiaomi sekitar lima tahun lebih di produsen smartphone, Xiaomi. Ia juga pernah menjadi bagian dari perusahaan penyedia layanan cloud asal China, yaitu Kingsoft Cloud.

Adapun, Pappas memiliki riwayat pekerjaan di YouTube sebagai pemimpin pengembangan platform video tersebut selama lebih dari tujuh tahun.

Sebelumnya, jabatan CEO TikTok kosong sejak lengsernya Kevin Mayar yang meninggalkan posisi tersebut sejak Agustus lalu. Mayer mengundurkan diri setelah adanya tekanan dari pemerintahan AS Donald Trump akan situasi TikTok jadi ancaman untuk Negeri Paman Sam.



Simak Video "Geger Seleb TikTok Gelar Pesta Ultah di Bekasi Berujung Disidang"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)