Bikin Aplikasi Kencan, Wanita Cantik Ini Raup Rp 18 Triliun

Bikin Aplikasi Kencan, Wanita Cantik Ini Raup Rp 18 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 09 Apr 2021 14:20 WIB
Whitney Wolfe Heard
CEO Bumble, Whitney Wolfe Heard. Foto: Instagram/@whitney
San Francisco -

Aplikasi yang menarik bisa bikin penciptanya kaya raya di zaman ini. Salah satunya wanita cantik ini Whitney Wolfe Heard, menjadi nama baru dalam daftar orang terkaya Forbes berkat sebuah aplikasi kencan. Hartanya diestimasi USD 1,3 miliar atau lebih dari Rp 18 triliun.

Whitney menciptakan aplikasi kencan dan sosial bernama Bumble pada tahun 2014, di mana dia menjabat pula sebagai CEO. Bumble melantai di bursa saham atau IPO tahun ini, sehingga menjadikan Whitney miliuner wanita termuda di dunia.

Dia lahir 31 tahun silam di Salt Lake City, Utah, dari keluarga berada. Ayahnya adalah developer properti yang makmur. Dia lulus kuliah dari Southern Metodhist University, Texas dan sudah suka berbisnis sejak di kampus, misalnya berjualan tas.

Sepak terjangnya makin diperhitungkan ketika menjadi salah satu pendiri Tinder yang di kemudian hari menjadi salah satu aplikasi kencan paling terkenal. Namun di sana, dia mengaku mengalami pelecehan seksual oleh salah satu kolega yang juga mantannya, sehingga memutuskan keluar.

Induk perusahaan Tinder, Match Group, membantah tudingan Whitney. Namun seperti dikutip detikINET dari BBC, untuk menyelesaikan perkara ini di luar pengadilan, Whitney dibayar USD 1 juta.

Kemudian, Whitney merintis aplikasi kencan sendiri, Bumble. Berbeda dari layanan kencan yang sudah ada, Bumble menjadikan wanita sebagai fokus utama. Jadi, hanya wanita yang bisa memulai pembicaraan dengan lawan jenis di Bumble. Hal ini mencegah para wanita menerima pesan-pesan tak diinginkan dari para pria.

Whitney mendirikan Bumble dengan bantuan dana dari investor awal, yakni miliarder Rusia, Andrey Adreev. Adreev sendiri juga mendirikan situs kencan bernama Badoo.

Bumble kemudian sukses besar, dengan saat ini memiliki 55 juta pengguna di 150 negara. Alhasil Whitney menjadi salah satu dari 328 wanita yang masuk daftar orang terkaya Forbes edisi tahun 2021.

Ia mendirikan Bumble dipicu oleh pengalamannya sendiri dilecehkan. "Jujur saja, ambisiku datang dari hubungan yang kasar. Aku tidak pernah memiliki hubungan yang sehat sampai aku menciptakannya sendiri. Maka aku membuat ekosistem relasi dengan pria yang sehat," katanya.

Whitney sekarang hidup bahagia dengan keluarganya sembari mengendalikan aplikasi kencan itu. Ia menikah dengan pengusaha bernama Michael Herd dan telah dikaruniai seorang anak.



Simak Video "KuTips: Tips Aman Cari Jodoh di Aplikasi Kencan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)