5 Tahun Berdiri, Qlue Klaim Kurangi Titik Banjir Sampai Pungli

5 Tahun Berdiri, Qlue Klaim Kurangi Titik Banjir Sampai Pungli

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 31 Mar 2021 19:15 WIB
qlue
Inovasi yang dilakukan Qlue berkontribusi pada pengurangan titik banjir dan pungli. Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET
Jakarta -

5 Tahun berdiri, perusahaan berbasis AI dan IoT asal Indonesia, Qlue, memberikan sumbangsih yang sangat besar. Beberapa di antaranya mengurangi titik banjir dan pungli bahkan sejak tahun awal berdirinya di tahun 2016.

Dalam acara 'Virtual Press Conference Qlue 5th Anniversary', Kamis (31/3/2021), Rama Raditya Founder & CEO Qlue menjelaskan bahwa sejak awal Qlue tercipta untuk mengatasi masalah yang ada di Indonesia.

"Idea awal kami terinspirasi masalah kemacetan banjir, jalan rusak dan lainnya. Ini berpengaruh pada masyarakat banyak dan kami berpikir apa ada solusi untuk menjembatani warga dan pemerintah? Akhirnya kami membuat mobile app yang dapat dimanfaatkan warga melaporkan permasalahan yang ada kepada pemerintah," ujar Rama.

Tercatat ada pengurangan titik banjir yang tadinya mencapai 8.000 menjadi 450. Selain itu, ada juga pengurangan pungli sampai 45%, serta peningkatan sebesar 78% untuk tingkat kepercayaan kepada pemerintah DKI Jakarta. Belum lagi kontribusi yang berujung pada pengurangan ribuan ton sampah.

"Untuk titik banjir, masyarakat melaporkan saluran yang mampet sehingga berpotensi banjir. Saya ingat 2016 waktu itu dari Pemprov DKI menggalakkan masyarakat untuk melaporkan daerah di dekat seperti got atau selokan banyak sampah. Pemerintah bisa langsung turun ke lapangan dan membersihkan lapangan," tuturnya.

Setiap harinya, Qlue bisa menerima belasan ribu laporan masyarakat yang kemudian akan masuk ke dashboard sehingga stakeholder bisa memantau dan menghadirkan solusi dengan segera. Karena itu, tidak mengherankan dampak yang dirasakan adalah penurunan titik banjir yang drastis.

"Sementara pungli, masih sama. Masyarakat melaporkan tindakan di mana pun baik dari kelurahan dan sebagainya. Nanti akan ditindak lanjuti lurahnya. Jadi ini dari laporannya masyarakat," masih kata Rama.

Pencapaian lain yang ditorehkan Qlue adalah produk inovasi yang selalu bertambah. Bermula dari mobile app, kini Qlue sudah menjadi perusahaan berbasis AI dan IoT. Bukan hanya kerja keras dari Qlue, Qlue memuji masyarakat dan pemerintah yang selalu memberikan dukungan. Harapannya, dengan adanya 5G makin ada kemudahan dalam mewujudkan solusi.

"Memang sudah kepikiran AI dari awal tapi saat itu kurang baik jadi kita tahan. Ke depannya, harapan kita dengan adanya 5G, ini bisa lebih baik menerapkan solusi," tandas Rama.



Simak Video "Singgung Space War, Jokowi Ingin BPPT Jadi Pusat Kecerdasan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)