Qlue Bikin Alat Penyaring Polusi Udara Jakarta

Qlue Bikin Alat Penyaring Polusi Udara Jakarta

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 17 Des 2019 14:47 WIB
Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET
Jakarta - Qlue akan segera meluncurkan alat untuk menyaring polusi di kota-kota dengan kualitas udara terburuk, salah satunya di Jakarta. Alat ini juga bisa menjadi alternatif bagi permasalahan kurangnya pepohonan di beberapa tempat di Jakarta.

"Seperti kita tahu, Jakarta kan sudah selalu menduduki top 5 soal kualitas udara terburuk. Dan kita lihat memang salah satunya adalah dengan menanam pohon tentunya," ujar Andre Hutagalung Chief of Technology Qlue, Selasa (17/12/2019) saat konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan.



Dikatakannya, menanam pohon memang solusi penyaringan udara. Tapi butuh waktu lama untuk tumbuh dan berkembang. Maka, dibuatlah alat penyaring udara yang wujudnya seperti tumbuhan artificial.

Qlue Bikin Alat Penyaring Polusi Udara JakartaFoto: Aisyah Kamaliah/detikINET


"Di Sudirman saja kayaknya buat menanam tanaman sudah sulit. Nah kita mau buat suatu benda, alat, yang bisa menyaring CO2 menjadi O2, kita menggunakan tumbuhan, tapi artinya itu menjadi compact. Bisa diletakkan di mana saja," sambungnya.

Sementara itu, Maya Arvini selaku Chief Commercial Officer Qlue, membocorkan bahwa alat ini akan diperkenalkan awal Februari 2020.

"Rencana kita launching di awal Februari, sudah hampir tahap final, jadi untuk launchingnya smart tree ini di awal Februari," tuturnya.



Dia mengklaim satu pohon artificial pintar bisa menyaring udara seperti 200 pohon sungguhan. Alatnya pun ditenagai matahari sehingga membuatnya tambah ramah lingkungan.

Simak Video "Banyak Tawaran Ekspansi, Qlue Siap Diuji Coba di 3 Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)