Ini 5 Penguasa Pasar Komputer di Indonesia

Ini 5 Penguasa Pasar Komputer di Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 29 Mar 2021 15:01 WIB
Business Women at home during pandemic isolation working on laptop and drinking coffee.Image of young pleased happy cheerful cute beautiful business woman sit indoors in office using laptop computer
5 penguasa pasar komputer di Indonesia. Foto: Getty Images/iStockphoto/stefanamer
Jakarta -

Perusahaan riset IDC merilis laporan pasar komputer di Indonesia sepanjang 2020. Inilah lima penguasanya.

Dihimpun detikINET dari data terbaru IDC seperti dilihat Senin (29/3/2021) 5 besar penguasa pasar komputer di Indonesia terungkap sudah. Yuk kita lihat daftarnya:

1. Asus

Vendor asal Taiwan ini berhasil mengamankan posisi teratas meskipun mengalami penurunan sebesar 30,7% YoY pada tahun 2020. Penyebabnya ketersediaan barang yang terkendala pengiriman.

Bertolak belakang dengan segmen konsumen, segmen komersial Asus menunjukkan kinerja yang baik berkat proyek penerapan Chromebook di bidang pendidikan.

Di pasar laptop gaming, Asus berhasil mempertahankan posisi sebagai market leader.

2. Acer

Acer naik ke posisi dua dengan pangsa pasar 21,7% pada tahun 2020. Proyek pengadaan Chromebook di bidang pendidikan berkontribusi pada impresifnya kinerja tahunan Acer di segmen komersial.

3. Lenovo

Lenovo berasa di posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 20,2% pada tahun 2020. Pemenuhan perangkat di sektor swasta dan publik tetap berlanjut di tahun 2020 tetapi lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun 2019 dikarenakan adanya kendala akan ketersediaan barang.

4. HP

HP merosot ke posisi empat dengan pangsa pasar sebesar 17,2% selama setahun penuh di 2020. Sama seperti dengan pemain PC lainnya, HP juga mengalami kendala pasokan yang berdampak pada pengiriman PC untuk segmen komersial dan konsumer.

Pengiriman akan desktop mengalami penurunan yang tajam dikarenakan adanya pergeseran permintaan ke notebook.

5. Dell

Berada di urutan ke-5 pada tahun 2020 dengan pangsa pasar sebesar 6,8% dari total pengiriman PC di Indonesia. Dell berhasil mengamankan pasokan yang cukup di 4Q20 dimana itu membantu untuk menahan laju penurunan tahunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.



Simak Video "Unboxing ROG Phone 5, Greget Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)