Kenapa Jack Ma Ditakuti Pemerintah China? - Halaman 2

Kenapa Jack Ma Ditakuti Pemerintah China?

Tim - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 17:58 WIB
China Perintahkan Jack Ma untuk Rombak Bisnis Ant Group (Getty Images/AFP/P. Lopez)
Jack Ma. Foto: Getty Images/AFP/P. Lopez

Perusahaan Jack Ma Tidak Terkendali

Alibaba dan Ant Financial telah tumbuh tak terkendali. Layanan pembayaran Alipay misalnya, memiliki 711 juta user aktif bulanan dan menangani pembayaran senilai USD 17,2 triliun dalam setahun belakangan.

China dinilai sadar bahwa usaha mereka memperlonggar regulasi dan membiarkan kompetisi tanpa banyak aturan berpotensi membuat perusahaan teknologi terlalu berkuasa. Hal itu sudah terjadi di Amerika Serikat.

"25 tahun yang lalu, perusahaan teknologi Amerika mengambil risiko dan merusak model bisnis yang sudah ada. Saat ini, mereka adalah layanan publik yang baru, meraih pendapatan dari monopoli mereka dengan mengontrol pasar. China ingin menghindari jebakan Amerika," kata pakar ekonomi David Goldman.

Lihat saja Facebook, Google ataupun Amazon begitu menguasai pasar di negeri Paman Sam. Bahkan,70% dari seluruh pendapatan iklan digital mengucur ke Facebook dan Google, membuat industri media di AS kepayahan.

"Perusahaan teknologi China pun sudah sangat powerful. Alibaba dan JD.com menguasai 75% e-commerce. WeChat milik Tencent menangani 60% dari seluruh pembayaran di China," ucap Jean Dominique Seval, direktur Soon Consulting.

"Pesannya adalah tidak ada pebisnis swasta besar yang akan ditoleransi di China daratan," kata Chen Zhiwu, profesor di Hong Kong University.

"Sudah tepat jika bank komplain, mereka diregulasi dengan sangat ketat dan Ant bebas melakukan apa yang mereka inginkan. Peristiwa ini merupakan akhir dari regulasi ringan (pada Ant)," tambah Chen.