Kenapa Jack Ma Ditakuti Pemerintah China?

Kenapa Jack Ma Ditakuti Pemerintah China?

Tim - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 17:58 WIB
China Perintahkan Jack Ma untuk Rombak Bisnis Ant Group (Getty Images/AFP/P. Lopez)
Jack Ma. Foto: Getty Images/AFP/P. Lopez
Jakarta -

Jack Ma yang dulu melenggang tanpa kekangan dan populer di mana-mana sudah beberapa lama dibungkam oleh pemerintah China. Begitu pula perusahaannnya kena investigasi oleh regulator. Kenapa pemerintah China seakan takut pada sosok Jack Ma?

Berikut sebagian alasannya seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Selasa (13/3/2021):

Popularitas Jack Ma Dianggap Ancaman

Jack Ma memang banyak jasanya bagi perkembangan ekonomi China dan juga menjadi wajah negara itu lantaran kharisma dan jago berbicara. Namun demikian, terindikasi pemerintah China sudah cukup lama was-was dengan sepak terjang sang pendiri Alibaba.

Sebuah artikel yang dipublikasikan media corong pemerintah China, People's Daily, pada sekitar setahun silam jadi perbincangan hangat di media sosial. Artikel opini itu diterbitkan beberapa hari setelah Jack Ma pensiun dari Alibaba pada 10 September 2019.

Pada intinya, People's Daily mengkritik status Jack Ma seakan adalah idola besar dan banyak jasanya seorang diri. "Tidak ada era yang disebut sebagai era Jack Ma, hanya era di mana ada Jack Ma," tulis People's Daily ketika itu.

"Tak ada keraguan bahwa Alibaba perusahaan sukses, juga tak bisa dibantah pengaruh Jack Ma pada Alibaba. Tapi, memberikan kredit pada sukses perusahaan hanya pada pemimpinnya sangat tidak realistis," tambah media itu.

Dituliskan bahwa entrepreneur sukses dan perusahaan yang berhasil bergantung pada latar belakang zaman di mana mereka dapat berkembang. People's Daily menyebut bahwa kondisi ekonomi yang diciptakan oleh pemerintah China-lah yang membuat perusahaan jadi sukses, sehingga bukan hanya faktor individu.

Jack Ma Terlalu Banyak Bicara

Bicara Jack Ma yang kadang terlalu ceplas ceplos mungkin juga berimbas pada ia akhirnya ditindak. Puncaknya, pidato Jack Ma yang mengkritik keras bahwa regulator finansial dan bank di China sudah ketinggalan zaman pada bulan Oktober bikin murka pemerintah China.

"Kita tidak seharusnya menggunakan cara mengatur stasiun kereta untuk regulasi sebuah bandara. Kita tidak bisa mengatur masa depan dengan masa silam," begitu sebagian kata-kata Jack Ma yang bikin panas.

Pidato Ma itu turut didengarkan oleh para pejabat top termasuk gubernur bank sentral China, Yi Gang, Wakil Menteri Keuangan Zou Jiayi serta Wang Qishan, tangan kanan Presiden Xi Jinping.

"Jack Ma telah menjadi terlalu arogan. Maka memang mereka perlu mengikatkan tali pada Ant yang telah menjadi monster," sebut seorang bos bank internasional yang meminta anonim.

Padahal waktu itu, Jack Ma sudah diperingatkan jangan terlalu keras bicara, apalagi menyenggol pemerintah China. Mungkin saja pemerintah China ingin Jack Ma lebih rendah hati. "Menghilangnya Jack Ma adalah bagian intrik dari hantaman terukur oleh pemerintah China untuk mengajari bintang teknologi itu kerendahhatian," tulis kolom di Sydney Morning Herald