Apple Beli Perusahaan Kecil Setiap 3 Bulan Sekali

Apple Beli Perusahaan Kecil Setiap 3 Bulan Sekali

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 24 Feb 2021 19:48 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Apple Beli Perusahaan Kecil Setiap 3 Bulan Sekali. Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Dalam enam tahun terakhir, Apple telah membeli sekitar 100 bisnis kecil sebagai bagian dari akuisisi perusahaan. Hal ini diungkapkan CEO Apple Tim Cook dalam rapat virtual dengan para pemegang saham pekan ini.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (24/2/2021) Cook mengatakan bahwa Apple membeli perusahaan lain yang skalanya lebih kecil setiap tiga hingga empat minggu sekali. Akuisisi penting bagi Apple di tahun lalu, antara lain termasuk startup VR/AR NextVR dan Spaces, aplikasi cuaca Dark Sky, dan layanan pembayaran mobile Mobeewave.

Apple memang selalu berusaha merahasiakan detail akuisisi yang dilakukannya. Namun diperkirakan perusahaan-perusahaan tersebut ditawar Apple dengan harga ratusan juta USD. Dalam periode enam bulan sebelum Mei 2019 saja, Apple tercatat membeli 20-25 perusahaan.

"Kam tidak takut untuk melihat akuisisi dalam skala berapa pun. Fokusnya ada pada perusahaan kecil dan inovatif yang melengkapi produk kami dan membantu mendorong mereka maju," kata Cook kepada para pemegang saham.

Di sisi lain, kegiatan akuisisi oleh perusahaan besar seperti Apple, Amazon, Facebook, dan Google, mendapat pengawasan khusus dari regulator antimonopoli.

Federal Trade Commission meminta detail tentang kesepakatan Apple untuk membeli perusahaan lain sepanjang tahun lalu. Namun, Apple cenderung membeli perusahaan kecil yang berada jauh di bawah ambang batas bagi regulator untuk bisa turun tangan.

Tahun lalu, Cook kepada CNBC mengatakan bahwa Apple menghindari pertanyaan terkait antimonopoli tentang pembelian perusahaan yang dilakukannya, karena strateginya adalah membeli perusahaan yang memiliki tantangan dan IP, kemudian menjadikan mereka sebagai fitur pada gadget Apple ketimbang hanya mengambil alih persaingan.

Pada pertemuan yang sama dengan para pemegang saham, Cook juga mengklaim bahwa Apple, entah bagaimana tidak memiliki posisi dominan di pasar mana pun.

"Apple tidak memiliki posisi dominan di pasar mana pun tempat kami bersaing, tidak dalam kategori produk apa pun, tidak dalam kategori layanan apa pun, dan tidak dalam software atau aplikasi," kata Cook.

"Pasar yang kompetitif ini mendorong kita semua untuk menjadi lebih baik. Jadi, meski pengawasan selalu adil, tuduhan seperti ini akan berantakan setelah pemeriksaan fakta yang masuk akal," tutupnya.



Simak Video "AS Terbitkan 2 Aplikasi Paten Baru Apple, Mau Bikin Drone?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)