Riset: Tokopedia Dominasi Lokal, Shopee Kuasai Regional

Riset: Tokopedia Dominasi Lokal, Shopee Kuasai Regional

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 12 Feb 2021 19:07 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping.
Tokopedia Dominasi Lokal, Shopee Kuasai Regional. Foto: iStock
Jakarta -

Perjalanan dua e-commerce favorit online shopper Indonesia, Tokopedia dan Shopee, terlihat menarik. Tokopedia mendominasi lokal, sedangkan Shopee menguasai regional.

Demikian kesimpulan iPrice dalam riset terbarunya. Pada Q4 2020, iPrice merangkum perjalanan kedua e-commerce dengan kunjungan website tertinggi di Indonesia tersebut.

Tokopedia memiliki total rata-rata kunjungan website selalu diatas 80 jutaan selama periode Q1-Q4 2020. Kunjungan tertinggi terjadi pada Q4 2020 yaitu 114 jutaan per bulan. Ranking aplikasi di platform iOS menunjukkan konsistensi sejak Q1, Tokopedia berhasil menduduki peringkat
kedua di App Store.

Sedangkan untuk di platform Android, Tokopedia menduduki peringkat ketiga di Play Store, pada periode Q1-Q2 dan peringkat keempat pada Q3-Q4 2020 kemarin.

Shopee sebagai e-commerce regional yang beroperasi hampir di seluruh negara Asia Tenggara tak mau ketinggalan. Meski Shopee tergolong e-commerce regional, e-commerce yang identik dengan warna oranye ini juga memiliki pengunjung website terbanyak pada periode Q1-Q4 2020 di Indonesia.

Berdasarkan data dari Peta Persaingan E-commerce Indonesia iPrice Group, Shopee memiliki total rata-rata kunjungan website selalu diatas 90 jutaan selama 2020 kemarin. Data ini didasarkan dari website Similarweb untuk mengetahui rata-rata kunjungan website setiap bulannya. Sama seperti Tokopedia, kunjungan tertinggi Shopee terjadi pada periode Q4 yaitu 129 jutaan per bulan.

"Persamaan ini bisa dikaitkan dengan periode sale atau campaign yang dilakukan kedua e-commerce ini. Sale akhir tahun 10.10, 11.11, dan 12.12 menjadi peak season bagi e-commerce untuk berlomba mengakuisisi pengguna," tulis iPrice dalam laporannya.

Bagaimana performa aplikasi Shopee? Shopee secara konsisten menduduki peringkat pertama di platform iOS dan Android. Sejak Q1 kemarin, Shopee selalu menjadi nomor 1 di PlayStore maupun App Store, tak tergantikan bahkan sejak Q4 2019. Data ini didapatkan melalui App Annie.

Riset ini juga mengungkapkan bahwa e-commerce akan terus memiliki ruang untuk bertumbuh di Indonesia. Berdasarkan report terbaru eConomy SEA 2020, selama pandemi, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu sekitar 4,7 jam per harinya untuk mengakses internet. Waktu online ini meningkat sebanyak 30% jika dibandingkan sebelum pandemi yang biasanya hanya menghabiskan sekitar 3,6 jam per hari.

Dalam laporan itu juga disebutkan, e-commerce masih memegang total dari ekonomi internet di Asia Tenggara. Pada 2015, konsumen mayoritas membeli produk elektronik melalui platform e-commerce dengan total share sebanyak 41%.

Dengan adanya penerapan lockdown dan pembatasan sosial, kategori food and groceries meningkat hingga 175% pada tahun 2020 dan diprediksi akan mengambil porsi hingga 15% pada 2025 dari total seluruh kategori produk yang dibeli di e-commerce. Dengan adanya perkembangan Gross Merchandise Value hingga 54% sejak 2019, e-commerce memiliki banyak potensi untuk terus mengakuisisi konsumen di Indonesia dan e-commerce diprediksikan akan terus memimpin economy di Indonesia.

* Artikel ini berdasarkan riset iPrice: Peta e-Commerce Indonesia



Simak Video "Tergiur E-Commerce, Twitter Uji Coba Fitur Belanja"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)